Sukses

7 Rekrutan Sir Alex Ferguson yang Dilupakan Fans Manchester United

Berikut ini beberapa pemain rekrutan Sir Alex Ferguson yang paling tak dianggap dan mungkin sudah hilang dari memori sebagian besar suporter Manchester United.

Manchester - Selama 26 tahun menangani Manchester United, Sir Alex Ferguson merekrut 105 pemain. Para pemain yang direkrutnya menyuguhkan permainan yang berbeda-beda. 

Ada yang menciptakan sejarah seperti Eric Cantona, Ole Gunnar Solskjaer, Roy Keane, Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, Ruud van Nistelrooy hingga Robin van Persie. Pemain-pemain seperti mereka akan selalu hidup dalam kenangan fans Setan Merah. 

Ada juga pemain yang masuk kategori cukup lumayan, alias tak terlalu bagus maupun tak terlalu buruk. Pemain seperti ini setidaknya masih diingat oleh fans Manchester United, meskipun tanpa kenangan yang cukup spesial. 

Namun, ada kalanya juga Sir Alex Ferguson gagal dalam perjudian di bursa transfer pemain. Rekrutannya gagal total, atau tidak memberikan dampak signifikan. 

Berikut ini beberapa pemain rekrutan Sir Alex Ferguson yang paling tak dianggap dan mungkin sudah hilang dari memori sebagian besar suporter Manchester United, seperti dilansir Planet Football. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tony Coton

Tony Cotton dikenal karena petualangannya di Manchester City. Bersama The Citizen, pemain yang berposisi sebagai kiper tersebut mencatatkan sekitar 200 laga. 

Namun, banyak yang lupa dia juga menghabiskan enam bulan di Old Trafford pada 1996. Sepanjang periode itu, dia tak pernah diturunkan pada laga kompetitif. 

Coton hanya sekali masuk tim cadangan dan tidak diturunkan. Dia kemudian dijual ke Sunderland. 

 

3 dari 8 halaman

2. Neil Whitworth

Ferguson mungkin berpikir menemukan mutiara terpendam ketika memboyong bek tengah berusia 18 tahun dari tim Divisi 3, Wigan, pada 1990. Pemain tersebut bernama Neil Whitworth.  

Namun, Whitworth tak pernah bisa bertransformasi menjadi sehebat Gary Pallister atau Steve Bruce. Sejujurnya, dia gagal masuk standar MU. Dia hanya sekali bermain untuk Setan Merah, sembilan bulan setelah gabung. 

Dia menghabiskan empat tahun di Manchester United, namun beberapa kali dipinjamkan. Manchester United menjual Whitworth ke Kilmarnock pada 1994. 

 

4 dari 8 halaman

3. Pat McGibbon

Pat McGibbon didatangkan dari klub Irlandia Utara, Portadown, pada 1992. Namun, baru pada 1995 dia mencicipi debut bersama Manchester United. 

Sayangnya, laga debut itu juga menjadi yang terakhir baginya bersama Manchester United. Dia tampil pada pertandingan Piala Liga melawn York City pada 1995. McGibbon kena kartu merah dan MU keok 0-3. 

Tak heran, masa depannya di Old Traffprd juga tertutup setelah laga yang tragis itu. 

 

 

5 dari 8 halaman

4. Brian Carey

Sebelum gagal dengan McGibbon, Ferguson juga rekor tak apik dengan pemain Irlandia. Dia pernah memboyong pemain Irlandia, Brian Carey, pada 1988.  

Nasib Carey bahkan lebih buruk daripada McGIbbon. Dia tidak pernah tampil pada laga kompetitif bersama MU.

Selama empat tahun berstatus pemain Manchester United, dia lebih banyak menghabiskan waktu dengan dipinjamkan ke klub lain.  

 

6 dari 8 halaman

5. Giuliano Maiorana

Giuliano Mariorana membukukan delapan laga di Manchester United sejak dibeli pada 1988. Namun, namanya mungkin sudah dilupakan oleh fans Setan Merah.

Dia hijrah ke MU dari klub non-liga, Histon, dengan mahar 30 ribu pounds. Ferguson terkesan saat Maiorana melakoni pertandingan trial di Manchester United. Sang pemain tampak menjanjikan. Namun, cedera lutut benar-benar merusak kariernya. 

Dia tetap di Old Trafford hingga 1994, tapi tak pernah diturunkan sejak era 1990-an. 

 

7 dari 8 halaman

6. Erik Nevland

Pada bursa transfer 1997, Manchester United dihubungkan dengan pemain-pemain seperti Juninho dan Marcel Desailly. Namun, saat itu Ferguson akhirnya malah menggaet Teddy Sheringham, Henning Berg, dan striker asal Norwegia yang tak terkenal. 

Erik Nevland saat itu berusia 19 tahun yang sebelumnya bermain untuk Viking Stravanger. Setelah sukses menjalani seleksi di Old Trafford, dia disodori kontrak berdurasi empat tahun. Dia bahkan dinilai mirip dengan Ole Gunnar Solskjaee, yang bergabung setahun lebih awal. 

Namun, Nevland tak pernah menjelma menjadi mesin gol. Dia meninggalkan Old Trafford tiga musim berselang setelah hanya sekali tampil sebagai pemain pengganti di Premier League.

 

 

8 dari 8 halaman

7. Graeme Tomlinson

Manchester United menghabiskan 100 ribu pounds untuk memboyong Graeme Tomlinson dari Bradford City pada 1994. Meski sang pemain dipertahankan hingga empat tahun, Ferguson hanyaa memainkan sang striker sekali, sebagai pengganti pada pertandingan Piala Liga melawan Port Vale, beberapa bulan setelah kehadirannya di Old Trafford. 

Dia menjalani empat kali masa peminjaman sebelum dijual ke Macclesfield Town pada 1998.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Yus Mei Sawitri, published 19/4/2020)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini