Sukses

MU Larang Jose Mourinho Latih Klub Portugal

Mourinho resmi melatih MU pada 1 Juli 2016, menggantikan Louis van Gaal yang dipecat.

Liputan6.com, Porto - Presiden Porto, Jorge Nuno Pinto da Costa menyebut Manchester United (MU) melarang Jose Mourinho kembali melatih klub Portugal tersebut.

Mourinho resmi melatih MU pada 1 Juli 2016, menggantikan Louis van Gaal yang dipecat. Namun, perjanjian kontrak antara MU dan Mourinho sudah terjadi enam bulan sebelumnya.

Di saat yang bersamaan, Januari 2016, Porto sedang tidak punya pelatih. Da Costa pun mendekati Mourinho untuk melatih tim yang pernah menjuarai Liga Champions tahun 2004 itu.

"Kami tanpa pelatih di pertengahan musim. Saya pun mendekati Mourinho, yang sudah memiliki kontrak bersama MU, namun baru melatih di sana pada musim depan," kata da Costa di youtube FC Porto, dikutip Metro.

"Saya bertanya padanya, bisakah Mourinho melatih kami sampai akhir musim sebelum pergi ke MU. Terlihat mustahil, tapi tidak baginya. Dia bilang: 'ya'," ujarnya menambahkan,

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Diizinkan MU

Ketika sudah mendapat lampu hijau dari Mourinho, Porto mendapat penolakan dari Setan Merah, sebutan MU. Pria asal Portugal itu dilarang MU menjadi carataker Porto selama setengah musim.

"Saat kami pikir hal itu mungkin terjadi, MU ternyata tak mengizinkan hal tersebut, karena kami bisa saja bertemu di kompetisi Eropa (Liga Europa 2015/16)."

"Tapi banyak orang yang mengabaikan fakta bahwa Mourinho siap melatih Porto setengah musim dalam kondisi darurat. Itu adalah fakta yang tak banyak diketahui orang, namun menunjukkan kasih sayang yang dia punya untuk Porto," ujar da Costa menegaskan.

 

 

3 dari 3 halaman

Statistik Mourinho

Berikut statistik Jose Mourinho selama melatih MU:

Mulai: 1 Juli 2016

Akhir: 18 Desember 2018

Lama Kerja: 900 hari

Jumlah Pertandingan: 144

Menang: 84

Imbang: 31

Kalah: 29

Jumlah pemain yang dipakai: 40

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini