Sukses

Bukan Real Madrid, MU Ingin Jual Cristiano Ronaldo ke Barcelona

Manajer MU Sir Alex Ferguson menawarkan Cristiano Ronaldo ke Barcelona karena tidak ingin bintang Portugal itu bergabung dengan Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2009. Bintang Portugal itu diboyong dengan mahar mencapai 80 juta pound dari Manchester United (MU).

Bersama Real Madrid, Ronaldo semakin bersinar. Ia memenangkan 16 gelar, empat di antaranya adalah trofi Liga Champions.

Tetapi, upaya Ronaldo bergabung dengan Real Madrid sempat coba dicegah manajer MU ketika itu, Sir Alex Ferguson. Juru taktik asal Skotlandia itu sempat menawarkan Ronaldo itu ke Barcelona.

Sebab, ia tidak ingin pemain berjuluk CR7 itu bergabung dengan Real Madrid. Namun, upaya Ferguson gagal. Ronaldo sudah mencapai kesepakatan dengan klub raksasa Spanyol tersebut jauh sebelum hijrah ke Santiago Bernabeu.

"Penandatanganan dilakukan antara saya dan Cristiano sekitar 2007 dan 2008," kata mantan Presiden Real Madrid Ramon Calderon kepada harian Spanyol, Diario AS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Negosiasi Sulit

Calderon mengatakan negosiasi dengan MU sangat sulit. Sebab, klub berjuluk Setan Merah tersebut tak ingin kehilangan Ronaldo.

"Dia (Ronaldo) ingin bergabung dengan Real Madrid dan itu adalah kesempatan unik bagi kami, jadi saya memanfaatkannya," ucapnya.

"(Alex) Ferguson tak ingin dia pergi dan khususnya dia tidak ingin Ronaldo bergabung dengan Madrid, karena kami telah memenangkan lebih banyak trofi daripada Manchester United. Jadi dia menawarkan pemain itu ke Barcelona sebagai gantinya."

"Barcelona senang dengan kesempatan itu. Tapi, Ronaldo sangat jelas dengan komitmen yang dia miliki dengan Madrid dan dokumen sudah ditandatangani," tambah pria yang digantikan Florentino Perez sebagai Real Madrid pada 2009 itu.

"Ada dokumen dengan tanda tangan bahwa, jika klub atau pemain telah melanggar kesepakatan, dia harus membayar 30 juta euro kepada pihak lain," pungkas Calderon.

 

 

3 dari 3 halaman

Pencetak Rekor di Real Madrid

Tak hanya meraih banyak trofi, Ronaldo juga menjadi pencetak rekor dalam sejarah Real Madrid. Salah satunya ia menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub dengan 451 gol.

Selain itu, di antara berbagai rekor gol yang dimilikinya, Ronaldo menjadi pemain pertama yang dapat melampau jumlah 100 gol di Piala Eropa pada 2017.

Sukses bersama Real Madrid, Ronaldo kemudian memutuskan pindah ke Italia dan bergabung dengan Juventus dengan nilai tansfer 100 juta euro pada musim panas 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Sepak Corona Covid-19

Video Terkini