Sukses

Sesuai PSBB, Hari Ini dan Besok KRL Masih Beroperasi

KRL Commuter Line masih akan beroperasi, hari ini, Kamis dan Jumat (16-17 April) sesuai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Liputan6.com, Jakarta- KRL Commuter Line masih akan beroperasi, hari ini, Kamis dan Jumat (16-17 April) sesuai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu diungkap Manager External Relations PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Adli Hakim.

"KCI telah mengetahui usulan lima kepala daerah di Bodebek untuk menghentikan sementara operasional KRL. Sampai saat ini pembahasan usulan tersebut masih dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT KAI, dan PT KCI. Selama dalam pembahasan, pada 16-17 April ini KRL Commuter Line masih beroperasi," kata Adli Hakim dikutip dari Antara, Kamis (16/4/2020).

Adli mengatakan PT KCI akan menaati keputusan akhir hasil pembahasan bersama yang dilakukan dengan pemerintah daerah terkait serta PT KAI. Diberitakan penghentian operasional KRL di wilayah Jabodetabek akan dimulai 18 April 2020.

"Sudah tentu PT KCI sebagai operator KRL yang beroperasi dan melayani masyarakat di tiga provinsi akan patuh terhadap kesepakatan yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Karena KCI melihat semangat utama dalam penerapan PSBB adalah gotong royong untuk bersama menghentikan penyebaran COVID-19," kata Adli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penurunan Penumpang

Adli mengatakan, selama penerapan PSBB memasuki hari yang ketujuh hari di Jakarta dan baru dua hari di kawasan Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), pihaknya mencatat telah terjadi penurunan penggunaan KRL oleh warga untuk mobilisasi.

Berdasarkan data yang dihimpun KCI selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu (15/4/2020) penurunan jumlah pengguna terus menurun dari hari ke hari.

Pada Senin (13/4/2020) total pengguna sebanyak 75.661 orang, menurun sebanyak 10.000 pengguna menjadi 62.282 pada Selasa (14/4/2020).

Sedangkan pada Rabu (15/4/2020) pukul 09.00 WIB, KCI kembali mencatat terjadi penurunan pengguna layanannya menjadi sebanyak 48.800 penumpang.

3 dari 4 halaman

Pembatasan Waktu

Selama masa PSBB, KCI mengikuti aturan pembatasan waktu dengan ketentuan penumpang diperbolehkan masuk ke dalam stasiun hingga pukul 18.00 WIB.

Sebab, penerapan PSBB untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kawasan Bodetabek akan segera diberlakukan menyusul DKI Jakarta.

4 dari 4 halaman

Usulan 5 Daerah

Usulan kelima Kepala Daerah itu diusulkan dalam dialog dengan pimpinan PT KAI dan PT KCI, melalui video conference, Senin (13/4/2020).

"Usulan pemberhentian sementara operasional commuter line ini, dimaksudkan agar penerapan PSBB di Bodebek bisa efektif dan optimal, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie.

(Yusron Fahmi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.