Virus Corona Covid-19 Bisa Menular Lewat Asap Rokok? Ini Jawabnya

Oleh Liputan6.com pada 15 Apr 2020, 19:25 WIB
Diperbarui 15 Apr 2020, 19:25 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta- Belakangan, beredar informasi bahwa virus corona covid-19 bisa menular melalui asap rokok. Benarkah demikian?

Dr Daeng M. Faqih, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan belum ada penelitian spesifik tentang penularan corona Covid-19 melalui asap rokok.

"Penularan itu melalui droplet, lalu apakah dengan asap rokok tadi bisa menularkan? Belum ada penelitian," kata dr Daeng seperti dikutip Antara, Selasa (14/4/2020).

Menurutnya, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan asap rokok yang diembuskan pasien positif corona Covid-19 bisa menularkan virus. Namun, karena asap rokok tersebut masuk ke dalam saluran pernapasan atau tenggorokan, maka dikhawatirkan berpotensi menularkan.

Ia mengimbau masyarakat lebih berhati-hati. "Karena menghisap rokok itu sampai ke dalam tenggorokan, sangat dikhawatirkan asap yang dikeluarkan mengandung virus."

 

 

2 dari 3 halaman

Tetap Melalui Droplet

Pasien Covid-19 yang merokok lalu mengeluarkan droplet atau percikan air liur, bersin, dan batuk dapat menularkan virus kepada orang sekitarnya, imbuh dr Daeng.

"Kalau sudah sifatnya percikan maka itu bisa menulari," dr Daeng menuturkan.

3 dari 3 halaman

Perokok Aktif Lebih Rentan Covid-19

Ilustrasi merokok/Unsplash Pascal
Perbesar
Ilustrasi merokok/Unsplash Pascal

Daeng menambahkan, di dalam saluran pernapasan manusia terdapat mekanisme untuk menangkap dan mengeluarkan kotoran, termasuk mikroorganisme yang masuk. Maka dari itu, perokok aktif akan lebih rentan terserang Covid-19.

Mekanisme saluran pernapasan menjadi rusak akibat kebiasaan merokok. Akibatnya, saluran pernapasan tidak bisa menyaring kotoran yang masuk.

"Jadi merokok itu merusak saluran pernapasan," pungkasnya.

(Ade Nasihudin Al Ansori/Aditya Eka Prawira)

Lanjutkan Membaca ↓