Langkah-Langkah Bila Alami Gejala Ringan Corona Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 15 Apr 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2020, 16:00 WIB
Penumpang MRT Jakarta
Perbesar
Sejumlah penumpang menggunakan masker saat antre memasuki kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI Jakarta, Selasa (3/3/2020). Penumpang dengan gejala demam tinggi dilarang masuk dan menggunakan MRT sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta- Organisasi kesehatan dunia atau WHO menyarankan orang yang mengalami gejala ringan corona covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Perawatan dirumah bisa menghentikan penyebaran virus corona dan membantu melindungi masyarakat yang beresiko tinggi. 

Seperti yang diketahui, saat ini layanan rawat inap rumah sakit lebih diprioritaskan bagi orang yang mengalami sakit yang serius. Hal itu dikarenakan korban akibat pandemi corona covid-19 yang melonjak setiap harinya.

Dengan melakukan isolasi mandiri di rumah, orang yang mengalami gelaja ringan corona covid-19 diharapkan bisa mendapatkan kondisi tubuh yang kembali bugar. Selain juga ikut menekan penyebaran virus itu sendiri.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi orang yang terpapar virus corona covid-19 dengan gejala ringan. Berikut saran yang diberikan oleh covid19.go.id.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Jika Harus ke Layanan Kesehatan

Apabila harus pergi ke layanan kesehatan, anda disarankan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Selalu menjaga kebersihan tangan dan hindari menyentuh wajah. Bagi orang yang menemani, harus melakukan hal yang sama dan hindari menggunakan kendaraan umum.

3 dari 5 halaman

Isolasi Mandiri

Saat melakukan isolasi mandiri, sebaiknya anda tidak berinteraksi dengan masyarakat. Anda harus menggunakan kamar yang terpisah dan minta salah satu anggota keluarga untuk membantu merawat anda.

Anda dan orang yang merawat harus menggunakan masker dan selalu mencuci tangan setelah melakukan kontak. Hindari pemakaian bersama seperti alat makan, perlengkapan mandi, dan seprai. Permukaan benda yang sering disentuh harus selalu dibersihkan dengan cairan desinfektan.

 

4 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Bergizi dan Perhatikan Suhu Tubuh

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Anda harus mengonsumsi makanan bergizi dan minum air yang cukup. Anda juga disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, dan tidak diperbolehkan minum obat tanpa resep dokter.

Selalu perhatikan suhu tubuh dan perhatikan perkembangan kondisi tubuh. Jika kondisi memburuk, segera hubungi kontak hotline 119 dan cari bantuan medis.

 

5 dari 5 halaman

Konsultasi Telemedik

Selama melakukan isolasi mandiri di rumah, anda bisa meminta panduan dan konsultasi online dari layanan telemedik. Pemerintah telah bekerjasama dengan 20 penyedia layanan telemedik untuk membantu pasien yang melakukan isolasi. Layanan ini diberikan secara cuma-cuma melalui atensi.or.id/#members

Jika anda sudah merasa sehat setelah 14 hari, anda tetap harus tinggal di rumah hingga situasi membaik atau pemerintah mengumumkan peraturan baru. Bila terpaksa, anda harus menggunakan masker dengan benar dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Lanjutkan Membaca ↓