Sukses

6 Gejala Terjangkit Virus Corona Covid-19 yang Harus Diketahui

Ada beberapa gejala jika terjangkit virus corona Covid-19.

Jakarta - Virus corona Covid-19 masih jadi musuh bersama di seluruh dunia. Pandemi virus satu ini belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda, termasuk juga di Indonesia.

Badan kesehatan dunia (WHO) hingga saat ini, per Selasa (14/04/20), telah mencatat lebih dari 1,8 juta kasus positif di seluruh penjuru dunia, sementara di Indonesia tercatat 4.557 kasus.

Dengan penyebaran yang relatif cepat, WHO maupun pemerintah dan lembaga terkait telah memberikan imbauan untuk meminimalisasi penyebaran virus corona.

Pemerintah telah menganjurkan untuk semua warga agar tetap berada di rumah dan menjaga jarak antarwarga.

Dilansir dari Alo Dokter, virus corona mampu menyebabkan gangguan saluran pernapasan pada manusia.

Virus corona merupakan strain baru. Seiring waktu, gejala-gejala untuk mengidentifikasi seseorang apakah ia terpapar virus ini atau tidak, terus dikabarkan agar masyarakat memiliki pemahaman yang benar.

Pemerintah dan lembaga terkait sejauh ini telah memberikan imbauan dan melakukan sosialisasi mengenai gejala yang muncul saat orang terinfeksi virus ini. Namun, harus diakui, masih terdapat banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Gejala yang muncul saat seseorang terinfeksi virus corona hampir sama dengan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, dan pilek.

Gejala virus corona muncul ketika sistem metabolisme tubuh bereaksi atas virus yang masuk ke tubuh. Meski begitum tak sedikit juga yang terinfeksi namun tidak memperlihatkan gejala apa pun.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, enam gejala terinfeksi virus corona yang perlu Anda cermati dan perhatikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Terinfeksi Virus Corona

1. Demam

Satu di antara gejala terinfeksi virus corona yang akan muncul adalah demam tinggi, mirip demam saat terkena flu.

Hal yang perlu diwaspadai adalah, jika suhu tubuh berada di atas 37,5, harus segera menghubungi pelayanan kesehatan terdekat, karena bisa saja Anda telah terinfeksi virus corona.

2. Batuk

Perlu diingat virus corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan, satu di antara penandanya adalah batuk kering yang cukup parah. Gejalanya hampir mirip dengan terinfeksi virus pneumonia, selain itu tenggorokan akan terasa kering dan gatal.

3. Gangguan Pernapasan

Selain batuk parah yang dialami, akibat lain dari virus yang menyerang sistem pernapasan ini adalah sesak napas. Hal tersebut terjadi setelah mengalami gejala batuk yang cukup parah. Ini pertanda paru-paru Anda sedang diserang oleh virus.

4. Hidung Tersumbat

Menurut WHO, satu di antara penyebab terinfeksi virus corona adalah hidung yang tersumbat. Namun, hanya lima persen dari total orang terinfeksi virus corona yang mengalami gejala ini.

Gejala hidung tersumbat juga bisa dikaitkan dengan gejala penyakit lain seperti pilek dan alergi terhadap sesuatu.

3 dari 3 halaman

Sakit Kepala

5. Sakit kepala

Mengalami sakit kepala menjadi satu di antara tanda Anda terinfeksi virus corona. Hal tersebut menjadi tanda umum yang dialami ketika terinfeksi virus.

Sakit kepala yang muncul akan dirasakan bersamaan dengan demam yang cukup tinggi sebagai reaksi tubuh yang terinfeksi virus.

6. Masalah Pencernaan

Beberapa pasien dengan COVID-19 mengalami gejala gastrointestinal, terutama sakit perut atau diare sebagai tanda awal terinfeksi virus corona. Gejala gangguan pencernaan akan muncul kepada seseorang yang telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19.

 

  • Banyak orang yang terinfeksi virus corona, namun tidak mengalami gejala apa pun pada tubuhnya. Bagi Anda yang mengalami gejala seperti yang ada di atas, segera hubungi layanan kesehatan atau datang ke rumah sakit rujukan pemerintah.
  • Hal yang perlu dilakukan adalah tidak panik dan menguasai diri, agar semua dapat terkendali dengan aman dan sesuai prosedur yang telah diberikan oleh pemerintah dan lembaga terkait.

 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini