Cristiano Ronaldo Selamatkan Klub-Klub Amatir Portugal dari Kebangkrutan Akibat Corona Covid-19

Oleh Windi.Wicaksono pada 14 Apr 2020, 06:20 WIB
Diperbarui 14 Apr 2020, 06:20 WIB
Kaleidoskop Sepak Bola Dunia 2016, Fenomena Leicester dan Kejayaan Ronaldo
Perbesar
Cristiano Ronaldo ketika mengantarkan Timnas Portugal juara Piala Eropa 2016. (AFP/Francisco Leong)

Liputan6.com, Madeira - Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, sepakat untuk menyumbangkan setengah bonus yang didapatnya dari Timnas Portugal untuk menyelamatkan klub-klub amatir lokal dari kebangkrutan akibat pandemi Corona Covid-19.

Bonus itu didapat setelah Cristiano Ronaldo mengantarkan Timnas Portugal lolos dari kualifikasi Piala Eropa atau Euro 2020. Bukan hanya Ronaldo, sederet pemain Timnas Portugal juga ikut membantu.

Seperti dilaporkan AFP, Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) berharap dana bisa mencapai 4,7 juta euro untuk membantu finansial klub-klub amatir lokal yang terdampak Corona Covid-19.

Pekan lalu, FPF telah mengambil keputusan mengakhiri kompetisi klub amatir musim ini, setelah sebelumnya sempat ditangguhkan. Kompetisi klub amatir Portugal musim ini tidak menghasilkan juara, promosi, maupun degradasi.

Untuk Liga Profesional Portugal, FPF dan penyelenggara masih mempertimbangkan sejumlah opsi terkait kelanjutan kompetisi musim ini. Presiden Liga Portugal Pedro Proenca menegaskan pada akhir Maret lalu bahwa dia bertekad untuk tetap menyelesaikan musim ini.

 

2 dari 3 halaman

Pulihkan Kondisi

Pertandingan Portugal Vs Luksemburg
Perbesar
Megabintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Luksemburg dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Estadio Jose Alvalade, Jumat (11/10/2019). Ronaldo menyumbang gol saat Timnas Portugal menang 3-0 atas Luksembur. (AP/Armando Franca)

"Perlu diketahui bahwa kejuaraan amatir ini berakhir karena ada kondisi yang harus dipulihkan terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi musim berikutnya," jelas Pedro Proenca.

"Kita tahu siapa saja yang lolos ke kompetisi internasional, siapa saja juaranya dan siapa saja yang terdegradasi," paparnya.

3 dari 3 halaman

Diundur

Secara mengejutkan Portugal mampu mengangkat trofi Euro 2016 dengan mengalahkan tuan rumah Prancis dengan skor 1-0. Euro 2020 harus diundur setahun kemudian menyusul pandemi corona Covid-19 yang menyerang secara global belum bisa dikendalikan.

Lanjutkan Membaca ↓