Sukses

Daftar Rekor Lionel Messi: Raja di Barcelona, Rakyat Biasa di Argentina

Terasa perbedaan yang begitu kentara antara rekor Lionel Messi di klub dan di Timnas Argentina. Sampai sekarang, ia masih dipandang sebelah mata oleh rakyat Argentina.

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi memiliki koleksi trofi luar biasa. Tak hanya itu, selama membela Barcelona, Messi sudah mencatatkan sederet rekor klub dan individu yang akan sulit dipecahkan pemain-pemain berikutnya.

Lionel Messi sering dikritik lantaran tidak mau meninggalkan Barcelona untuk mencoba menghadapi tantangan baru. Namun, sepertinya dia tak butuh melakukannya untuk mempertegas kualitas sebagai pemain terbaik di dunia.

Torehan trofi dan penghargaan individu sudah cukup melegitimasi kualitas Lionel Messi sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa. La Pulga mencapai level bermain begitu tinggi, yang mungkin hanya bisa dibayangkan sebagian besar pemain lain.

Lionel Messi mulai berkarier di tim senior Barcelona pada 2004 lalu. Kini, setelah kurang lebih 16 tahun, rekor apa saja yang sudah dipecahkan Messi?

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Lionel Messi (Klub dan Individu)

  • Most Champions League hat-tricks (shared with Cristiano Ronaldo): 8
  • Most Champions League group stage goals: 68
  • Most Champions League round of 16 goals: 26
  • Most Ballon d'Or awards: 6Most La Liga goals: 438

 

  • Most La Liga goals in a single season: 50 (2011/12)
  • Most goals in a calendar year: 79 (2012 – or 91 including goals for Argentina)
  • Most La Liga hat-tricks: 36
  • Most La Liga titles won by a foreign player: 10
  • Most ESM Golden Shoes: 6Most club honours: 34
3 dari 4 halaman

Rekor Timnas

  • Most Argentina goals: 70
  • Youngest Argentinian to score at a World Cup: 18 years 357 days

 

Benar, terasa perbedaan yang begitu kentara antara rekor Lionel Messi di klub dan Timnas Argentina. Karena itulah sampai sekarang Messi masih dipandang sebelah mata oleh rakyat Argentina.

Messi bahkan tidak dianggap sebagai legenda Argentina karena belum pernah mempersembahkan trofi mayor untuk negaranya. Tekanan itu begitu besar, La Pulga bahkan sempat beberapa kali memutuskan gantung sepatu.

 

4 dari 4 halaman

Masih Berlanjut

Bagaimanapun, daftar rekor itu masih bisa diperpanjang lagi. Messi mungkin tidak lagi muda, tapi dia masih bermain di level tinggi.

Musim ini saja Messi masih jadi pencetak gol terbanyak di La Liga dengan torehan 19 gol. Bahkan ketika Barcelona bermasalah, Messi tetap bisa mencetak banyak gol untuk membantu tim.

Sayangnya, sepak bola sedang dihentikan sementara akibat pandemi virus corona. Messi harus beristirahat sejenak, sebelum kembali beraksi dan memecahkan rekor tanpa dia sadari.

Sumber: Express

Disadur dari Bola.net (Penulis Richard Andreas, Published 13/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini