Sukses

Mengenang Batalnya Kunjungan MU ke Indonesia akibat Teror Bom

Pada 14 Januari 2009, manajemen MU berencana mengunjungi Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Jakarta - Manchester United (MU) coba mengakhiri kerinduan 34 tahun pendukung di Indonesia dengan menjadwalkan laga pramusim di Tanah Air pada 2009. Sayang, pemain MU urung tampil di Stadion Gelora Bung Karno akibat aksi terorisme.

Pada 14 Januari 2009, manajemen The Red Devils mengumumkan akan melakoni tur pramusim ke Asia. Negara di Asia yang bakal disambangi MU adalah Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Untuk melakoni pertandingan pramusim tersebut, MU yang kala itu diasuh Sir Alex Ferguson memboyong 22 pemain, mulai dari Wayne Rooney, Michael Owen, Dimitar Berbatov, Luis Nani, Rio Ferdinand, Paul Scholes, hingga Ryan Giggs.

Pengumuman tersebut disambut euforia pendukung Manchester United yang ada di Indonesia. Sebanyak 77 ribu lebih lembar tiket habis terjual. Fans MU di Tanah Air tak hanya ingin menyaksikan penampilan Rooney dan kawan-kawan, namun juga merayakan titel juara liga ke-18 yang berhasil diraih pada 2008/2009.

Di sisi lain, pemain Indonesia yang tergabung dalam Indonesia All Star tidak sabar menjajal kemampuan The Red Devils. Tim Indonesia yang diperkuat Boaz Solossa, Bambang Pamungkas, hingga Firman Utina siap merepotkan MU.

"Saya berharap bisa berduel dengan Paul Scholes karena sama-sama berposisi di lini tengah. Dia pengatur serangan yang andal dan salah satu yang terbaik di dunia," kata Firman Utina seperti dilansir Setanmerah.net.

"Saya ingin membuat Paul Scholes pulang ke Inggris dengan rasa penasaran karena bermain melawan saya," lanjut Firman Utina yang saat itu memperkuat Pelita Jaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teror Bom Buyarkan Rencana MU ke Indonesia

Manchester United dijadwalkan akan menghadapi Indonesia All Star di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 20 Juli 2009, dan mendarat di Indonesia sehari sebelum pertandingan. Namun pada 17 Juli 2009, sebuah tragedi memilukan terjadi di Jakarta.

Dua hotel megah yang terletak di kawasan bisnis Mega Kuningan, JW Marriott dan Ritz-Carlton, diguncang bom dahsyat. Aksi teroris yang didalangi Noordin M. Top tersebut menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 50 orang.

Sontak kejadian tersebut membuat Manchester United terkejut, begitu juga dengan publik di Indonesia. MU yang ketika itu baru mendarat di Kuala Lumpur, Malaysia langsung menggelar konferensi pers, dan akhirnya membatalkan kunjungan ke Indonesia.

"Kami mendapat berita saat kami mendarat dan itu sangat mengecewakan. Saya belum pernah ke Indonesia sebelumnya dan saya tahu FA Indonesia (PSSI) telah bekerja sangat keras dalam hal ini," ujar Ferguson pada 17 Juli 2009.

"Ini adalah berita yang mengerikan, tetapi kami telah memutuskan apa yang saya yakini sebagai keputusan tepat dalam hal melindungi pemain kami," lanjutnya seperti dilansir The Guardian.

Akibat tragedi tersebut, Manchester United tak pernah lagi memasukan Indonesia dalam tur pramusim hingga kini. Alhasil, publik di Tanah Air lagi-lagi harus memendam hasrat menyaksikan Tim Setan Merah berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, setelah terakhir kali terjadi pada 1 Juni 1975.

3 dari 3 halaman

Arsenal, Liverpool, dan Chelsea Sambangi Indonesia

Empat tahun berselang, tiga klub elite Premier League mengunjungi Indonesia, yakni, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Pada Juli 2013, ketiga klub tersebut bergantian menghibur suporternya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Arsenal menjadi tim pertama yang menggelar pertandingan pada 14 Juli 2013. The Gunners yang ketika itu masih diasuh Arsene Wenger mencukur Indonesia IX dengan skor telak 7-0.

Gol kemenangan Tim Meriam London ketika itu dicetak Theo Walcott (19'), Chuba Akpom 54'), Oliver Giroud (70', 73'), Lukas Podolski (83'), Kristoffer Olsson (85'), dan Thomas Eisfeld (86').

Enam hari kemudian, giliran Liverpool yang beraksi di Jakarta. Dalam lawatannya yang perdana ke Indonesia, The Reds meraih kemenangan dua gol tanpa balas atas Timnas Indonesia.

Kapten Liverpool Steven Gerrard memimpin rekan-rekannya melakukan selebrasi seusai laga melawan Indonesia XI ke Stadion GBK (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Philippe Coutinho berhasil membuka kunggulan Liverpool pada menit ke-10, sebelum akhirnya digandakan Raheem Sterling pada menit ke-88.

Tak mau ketinggalan, Chelsea ikut unjuk gigi di Jakarta pada 25 Juli 2013. Ketika itu, The Blues menghadapi tim BNI Indonesia All-Stars. Tampil dengan skuat terbaiknya, Tim London Biru mencurk Indonesia dengan skor 8-1.

Gol kemenangan Chelsea di cetak Eden Hazard (22'), Ramires (30', 57'), Demba Ba (32'), John Terry (45+1'), Betrand Traore (51'), dan Romelu Lukaku (52', 66').

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rizki Hidayat/Editor: Yus Mei Sawitri, published 12/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • flashback

  • Flashback Indonesia