Sukses

Semua Pemain Harus Tes Corona Covid-19 Sebelum Liga Inggris Dilanjutkan

Semua pemain mesti menjalani tes virus corona Covid-19 apabila kompetisi Liga Inggris musim ini dilanjutkan.

Liputan6.com, London - Semua pemain mesti menjalani tes virus corona Covid-19 apabila kompetisi Liga Inggris musim ini dilanjutkan. Permintaan itu disampaikan Ketua Pelaksana Asosiasi Manajer Liga Inggris (LMA), Richard Bevan.

Menurut Bevan, butuh jaminan bahwa seluruh pemain dan pelatih dalam kondisi sehat ketika Liga Inggris bergulir kembali. Dia tidak ingin keputusan yang terburu-buru malah mengakibatkan sesuatu yang lebih buruk terjadi.

Kompetisi Liga Inggris dihentikan sementara sejak 13 Maret 2020 karena pandemi virus corona Covid-19 yang melanda global. Pekan lalu, penundaan kompetisi diperpanjang tanpa batas waktu.

"Menjadi sangat penting bagi pemain untuk kembali ke lapangan dalam kondisi fit. Mungkin butuh waktu minimal tiga pekan untuk berlatih sebelum pertandingan kompetitif," terang Bevan, seperti dilansir BBC.

"Sekarang yang terpenting hanya kesehatan semua orang. Saya pikir akan ada banyak perdebatan sebelum kompetisi kembali dimulai," ungkapnya.

Menurut Bevan, para manajer di Liga Inggris tidak bersedia kembali ke lapangan, kecuali seluruh pemain telah dites corona Covid-19. Untuk hal itu, tentu perlu campur tangan pemerintah untuk melakukan tes tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dana Publik

"Namun, tes dilakukan dengan tetap mengutamakan para pekerja kesehatan, pasien, staf Layanan Kesehatan Inggris (NHS), serta keluarga mereka," tutur Bevan.

Selain itu, Bevan berharap klub-klub Liga Premier Inggris tidak memakai dana publik dalam situasi darurat seperti sekarang dengan kebijakan merumahkan staf non-pertandingan. Dia menegaskan, dana publik dari jaminan pemerintah Inggris hanya pantas dipakai oleh klub yang berada di divisi lebih rendah.

3 dari 3 halaman

Jaminan Pemerintah

Empat klub Liga Premier Inggris yakni Bournemouth, Newcastle United, Norwich, dan Tottenham Hotspur telah merumahkan staf mereka dan bakal memakai jaminan dari pemerintah untuk menalangi gaji para staf tersebut.

Saat ini, Liverpool masih memuncaki klasemen Liga Inggris dan hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk menjadi juara. UEFA telah menyampaikan bakal mencari jalan agar The Reds tetap memenangi gelar Liga Inggris musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.