Kisah Mesut Ozil Lebih Pilih Real Madrid Ketimbang Barcelona

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 11 Apr 2020, 09:45 WIB
Diperbarui 11 Apr 2020, 09:45 WIB
Pesepak Bola yang Direkrut Real Madrid Usai Tampil Apik di Piala Dunia
Perbesar
2. Mesut Ozil - Kreator terbaik usai tampil gemilang membawa Jerman berada di posisi ketiga di Piala Dunia 2010. raihan tersebut membuat klub besar eropa ingin mendapatkan anda tangan kontrak dari Ozil. (AFP/Dani Pozo)

Liputan6.com, London - Mesut Ozil merupakan salah satu pemain yang andal dalam menciptakan assist. Julukan itu didapatnya sejak memperkuat Real Madrid hingga klubnya saat ini, Arsenal.

Sejak memulai karier profesionalnya, Ozil sudah membuat 216 assist dari 600 pertandingan di level klub. Bahkan, 80 assist diciptakannya saat memperkuat Real Madrid pada 2010 hingga 2013.

Performa Ozil mulai diakui dunia saat tampil di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan bersama Timnas Jerman. Pada ajang itu, dia memukau dunia dengan mencetak satu gol dan tiga assist.

Setelah Piala Dunia 2010, Ozil diincar klub-klub top Eropa, seperti Real Madrid, Arsenal, Manchester United, Bayern Munchen, hingga tim yang membuatnya terpukau, Barcelona. Kala itu, Barcelona masih dilatih Pep Guardiola.

Ketimbang Real Madrid, Barcelona memang sedang on fire bersama Pep Guardiola dengan gaya bermain Tiki-Taka. Bahkan, pada musim pertamanya, 2008/09, Guardiola mampu meraih tiga gelar bersama Barcelona.

"Setelah Piala Dunia 2010, Real Madrid, Barcelona, Arsenal, Bayern Munich, dan Manchester United menginginkan saya. Tim favorit saya saat itu adalah Barcelona: Saya belum pernah melihat sebuah tim bermain secantik mereka," kata Ozil, seperti dikutip dari Marca.

 **Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tergiur Ajakan Jose Mourinho

Jose Mourinho
Perbesar
Jose Mourinho. (AFP/Oli Scarff)

Di saat adanya banyak tawaran, pria yang kini berusia 31 tahun tersebut sebenarnya ingin bergabung dengan Barcelona. Namun, dia melihat kalau Pep Guardiola tidak menginginkan kehadirannya.

Pada waktu bersamaan, Jose Mourinho, pelatih Real Madrid pada saat itu, memberikan tawaran menggiurkan. Dia pun akhirnya bergabung setelah Real Madrid mengeluarkan 18 juta euro kepada Werder Bremen.

"Saya sempat berpikir bahwa saya akan gabung Barcelona, tapi kelihatannya Guardiola tidak terlalu menginginkan saya. Absennya dia dalam negosiasi membuat saya curiga, mereka bilang dia sedang berlibur."

"Sementara Mourinho sangat meyakinkan, ramah, dan bersikeras. Dia benar-benar berlawanan dengan pelatih Barcelona. Jadi saya memutuskan untuk gabung Jose Mourinho dan Real Madrid," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Ozil

Berikut statistik Mesut Ozil selama berkarier di level klub:

Main: 600

Menit main: 45.801

Gol: 105

Assist: 216

Kartu kuning: 47

Kartu merah: 3

Lanjutkan Membaca ↓