Sukses

Bukan Gelandang, Bintang Baru MU Awali Karier Sebagai Bek

Dia kemudian bertualang ke Udinese, Sampdoria, dan hijrah Sporting Lisbon. Pada Januari 2020, baru Fernandes merapat ke MU.

Manchester - Bruno Fernandes ternyata tak asing dengan posisi pemain bertahan. Bahkan bintang baru MU itu pernah melakoni peran sebagai bek tengah hingga berusia 15 tahun.     

Fakta tersebut diungkap pelatih Bruno Fernandes saat masih bermain di level junior, Antonio Peres. Menurut Perez, perubahan posisi itu terjadi karena Fernandes berani mengambil tantangan dan punya skill yang menunjangnya untuk menjadi gelandang serang.  

Bruno Fernandes menghabiskan masa juniornya di Infesta, Bovista dan Novara. Saat memperkuat Boavista, dia sempat dipinjamkan ke Pasteleira pada 2005-2010.

Setelah menghabiskan masa peminjaman di Pasteleira, Fernandes pindah ke Novara dan berhasil menembus tim senior. Dia kemudian bertualang ke Udinese, Sampdoria, dan hijrah Sporting Lisbon. Pada Januari 2020, baru Fernandes merapat ke MU.

Di masa remajanya, Fernandes cukup lama dipinjamkan ke Pasteleira, yang merupakan tim satelit Sporting Lisbon. Peminjaman itu ternyata atas permintaan Fernandes sendiri karena frustrasi dimainkan sebagai bek tengah. 

Antonio Perez mengatakan keberuntungan yang dikombinasikan dengan skill mumpuni membuat Fernandes akhirnya mendapatkan posisi baru, alias tak lagi menjadi bek tengah. 

"Kami mengevaluasi pemain-pemain, di posisi mana mereka bisa tampil baik, di posisi mana mereka seharusnya bermain. Kami melakukannya setiap musim," kenang Perez, seperti dilansir Four Four Two, beberapa waktu lalu. 

"Jika kami memiliki pemain nomor 10, mungkin dia tak akan bergeser maju dari posisinya (bek tengah). Tapi kami tak memiliki pemain posisi 10, dan dia mengambil peluangnya. Dia dengan cepat berkembang, dan mencetak gol hampir di setiap pertandingan," sambung Perez, tentang perubahan posisi gelandang baru MU itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memasang Standar Tinggi

Perez juga mengenal Fernandes sebagai sosok yang layak diandalakan dan dicontoh. Sang pemain selalu menetapkan standar tinggi dalam dalam kariernya. 

"Sebagai kapten, Bruno memasang standar yang tinggi untuk yang lain-lainnya. Dia selalu bekerja sendiri setelah latihan bersama. Dia mengambil tendangan bebas, serta mengasah tendang-tendangan," urai Perez. 

Karier baru Bruno Fernandes di Manchester United sejauh ini berjalan sempurna. Pemain berusia 25 tahun tersebut dengan cepat mencuri hati fans Setan Merah berkat performa apiknya. 

Kualitas Fernandes terbukti dengan menyabet gelar Pemain Terbaik Premier League Bulan Ini edisi Februari. Sejak Bruno Fernandes bergabung, Manchester United juga tak terkalahkan di semua ajang kompetisi. 

Bruno dinilai telah berhasil mengubah permainan Manchester United, serta menyuntikkan semangat serta gairah baru di dalam tim. Imbasnya performa Manchester United juga terdongkrak.  

Sumber: Four Four Two

Disadur dari: Bola.com (penulis Yusmei, published 10/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.