Sukses

Tips Membersihkan Barang Belanjaan Selama Pandemi Virus Corona Covid-19

Di tengah mewabahnya virus corona COVID-19, kita harus memberikan perhatian ekstra untuk kebersihan dari setiap barang yang dibeli.

Jakarta - Berbelanja barang-barang kerap dilakukan orang setiap minggu atau bulannya demi memenuhi kebutuhan. Setelah belanja barang-barang itu, akan disimpan dan ditata di dalam kulkas ataupun dalam lemari penyimpanan.

Namun, di tengah mewabahnya virus corona COVID-19, kita harus memberikan perhatian ekstra untuk kebersihan dari setiap barang yang dibeli.

Kita semua telah tahu bahwa orang yang sakit dapat menulari orang lain dengan kontak fisik. Tetapi kita juga harus waspada bahwa virus corona covid-19 dapat menular jika seseorang menyentuh permukaan yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidungnya sendiri.

Virus tersebut dapat bertahan selama 24 jam pada plastik. Maka dari itu, penting untuk kamu membersihkan barang belanjaan kamu sebelum disimpan ditempatnya.

Melansir dari thelist.com, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membersihkan barang belanjaan agar tehindar dari paparan virus corona covid-19.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jaga kebersihan tangan

Pastikan menjaga kebersihan tangan sebelum kamu mulai berbelanja. Sebisa mungkin hanya menyentuh barang yang kamu perlukan.

Bersihkan juga pegangan troli yang kamu gunakan. Usahakan untuk tidak menggunakan telepon genggam saat berbelanja, namun jika kamu menggunakannya, sesegera mungkin membersihkannya dengan disinfektan.

 

 

 

3 dari 4 halaman

2. Penggunaan disinfektan

Ahli mikrobiologi makanan Donald W Schaffner mengatakan saat ini belum ada bukti bahwa virus menyebar melalui makanan. Tidak ada bukti juga bahwa virus itu menyebar melalui kemasan makanan. Departemen Pertanian A.S. juga mengatakan bahwa makanan yang ada dalam kemasan makanan relatif aman dari paparan virus.

Namun, jika ingin membersihkan kemasan luar makanan, kamu dapat menggunakan lap disinfektan untuk membersihkan kemasan plastik dan kotak sereal tanpa memindahkan isinya ke dalam wadah lain.

4 dari 4 halaman

3. Kebersihan buah-buahan segar

Anda dapat mencuci buah dan sayuran dengan air mengalir, tetapi jangan gunakan tisu disinfektan. Jika hal ini sampai dilakukan, itu akan membahayakan kesehatan karena kandungan bahan kimia di dalam disinfektan dapat membahayakan tubuh bisa termakan.

Jika kamu khawatir tentang kontaminasi dari makanan atau kemasan makanan, ahli epidemiologi penyakit menular Julia Markus mengingatkan bahwa mencuci tangan masih merupakan pertahanan terbaik dibanding menggunakan disinfektan.

Disadur dari Fimela.com (Dina)

#changemaker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.