Sukses

5 Kegunaan Nanas bagi Kesehatan Tubuh, Mengandung Antioksidan

Nanas merupakan jenis buah daerah tropis yang memiliki banyak sekali nutrisi. Nanas bisa menjadi pilihan alternatif cemilan yang sehat.

Jakarta- Nanas termasuk merupakan satu di antara buah yang punya banyak sekali nutrisi bagi tubuh. Nanas mempunyai rasa manis sedikit asam.

Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, nanas memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin. Nanas mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja optimal.

Nanas memiliki kandungan kalori, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, dan mineral lainnya.

Nanas termasuk jenis buah tropis. Jadi mudah dijumpai di sekitar Anda.

Mengonsumsi nanas memiliki khasiat untuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempercepat pemulihan. Buah nanas bisa menjadi pilihan alternatif cemilan yang sehat.

Nanas mengandung pektin, seperti serat yang memberikan tekstur kenyal pada buah. Sebagian besar kekuatan penyembuhan buah ini berasal dari enzim pencerna protein yang disebut bromelain.

Bromelain adalah enzim ditemukan di batang dan buah nanas. Selain itu, nanas adalah sumber fitokimia, termasuk bioflavonoid dan tanin.

Dilansir dari SehatQ, kandungan vitamin C dalam nanas telah memenuhi sepertiga nilai harian yang direkomendasikan untuk wanita, dan seperempat yang direkomendasikan untuk pria.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat nanas untuk kesehatan tubuh Anda, Kamis (9/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Agen Antiinflamasi

Nanas merupakan sumber utama bromelain (enzim proteolitik) yang berguna dalam pengobatan cedera olahraga. Sifat antiinflamasi pada nanas juga dapat mengurangi memar dan pembengkakan, serta membersihkan sel-sel yang rusak.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi buah nanas mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber utama sifat antioksidan dari buah nanas adalah kandungan vitamin C.

Selain itu, asam amino pada nanas juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua zat tersebut sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Jika radikal bebas bisa dicegah untuk masuk, kemungkinan terjadi kerusakan organ atau terjadi mutasi pada sel bisa dihindari. Sifat antioksidan akan memicu tubuh untuk selalu siaga terhadap berbagai serangan yang terjadi mulai serangan bakteri, jamur, hingga virus.

Berbagai macam kandungan yang ada di dalam nanas, seperti vitamin, mineral, dan enzim secara kolektif bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

4 dari 6 halaman

3. Melancarkan Pencernaan

Buah nanas juga bermanfaat membantu dalam mengobati diare dan sindrom iritasi usus (IBS). Nanas memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang mampu menyerap air pada usus.

Serat yang tinggi mampu mendorong pengalihan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal dan menstimulasi pelepasan lambung dan cairan pencernaan untuk membantu makanan larut.

Bromelain berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptide. Kandungan protein yang telah hancur dapat lebih diserap oleh usus kecil sehingga dapat melancarkan pencernaan.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat selanjutnya dari nanas adalah dapat membantu memperbaiki suasana hati dan melawan depresi serta kecemasan. Mengonsumsi nanas mampu memproduksi asam amino triptofan dan hormon serotonin, yang merupakan satu di antara hormon bahagia utama kita.

Nanas juga penting mendukung sistem neurologis dan untuk produksi hormon mood yang baik.

6 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi nanas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mencegah terjadinya kerabunan. Nanas mengandung beta karoten yang bila dikonsumsi, berubah menjadi vitamin A.

Mengonsumsi nanas dapat menghilangkan pegal-pegal di daerah mata. Nanas mampu memengaruhi degenerasi makula penglihatan orang lanjut usia dan dan beta karoten dapat membantu mengurangi masalah ini.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari Bola.com (penulis Alfi Yuda, Published 9/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.