Sukses

Tips Mengenakan Masker dengan Tepat untuk Hindari Penyebaran Virus Corona Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO kini telah menganjurkan penggunaan masker bagi semua orang yang berada di tempat umum guna menghindari paparan virus corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO kini telah menganjurkan penggunaan masker bagi semua orang yang berada di tempat umum guna menghindari paparan virus corona covid-19.

Sebelumnya, WHO hanya merekomendasikan orang sakit dan tenaga medis yang wajib menggunakan masker.

Penggunaan masker saat ini dibedakan kedalam dua jenis. Masker medis dan masker N95 hanya dieperuntukkan bagi tenaga medis, orang sakit, dan orang yang merawat pasien yang terpapar virus corona covid-19.

Sedangkan untuk masyarakat umum hanya disarankan menggunakan masker berbahan kain demi mencegah penyebaran corona covid-19.

Meski sudah mengikuti anjuran untuk menggunakan masker, masih banyak masyarakat yang keliru dalam penggunaannya. Berikut panduan cara menggunakan masker yang tepat dikutip dari covid19.go.id.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membersihkan Tangan

Sebelum memasang masker, ada baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan menngunakan sabun dan air mengalir selama miniml 20 detik. Atau bila tidak tersedia, bisa menggunakan cairan pembersih tangan yang minimal mengandung alkohol 60%.

 

3 dari 6 halaman

Penempatan Masker

Tutupi area hidung, mulut, hingga dagu dengan masker dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

Hal ini dimaksudkan agar tidak ada celah bagi virus untuk masuk ke area mulut atau hidung kita.

4 dari 6 halaman

Tidak Menyentuh Masker

Masker yang sedang digunakan tidak boleh di buka tutup atau disentuh. Bila hal itu terjadi, maka segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan pembersih tangan yang mengandung alkohol.

 

5 dari 6 halaman

Penggunaan Masker

Apabila penggunaan masker sudah terlalu lama dan terasa basah atau lembab, sebaiknya diganti dengan masker yang baru.

Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja, sedangkan masker kain dapat digunakan berulang kali dengan cara dicuci.

 

6 dari 6 halaman

Melepas Masker

Untuk membuka masker disarankan lepas dari bagian belakang. Tidak diperbolehkan menyentuh bagian depan masker karena sudah terpapar kotoran. Masker medis yang telah digunakan harus dibuang ke tempat sampah yang tertutup, sedangkan masker kain harus segera dicuci.

(Balwa Ramadhan/Mg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini