Isolasi Mandiri terhadap Virus Corona Covid-19, Masyarakat Diminta Lapor ke Puskesmas

Oleh Liputan6.com pada 06 Apr 2020, 20:10 WIB
Diperbarui 06 Apr 2020, 20:10 WIB
Antisipasi Virus Corona di Stasiun Gambir
Perbesar
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta- Salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19 adalah dengan melakukan isolasi mandiri. Nah, terkait hal ini Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementrian Kesehatan, Achmad Yurianto meminta masyarakat untuk melapor diri ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

“Setiap melaksanakan isolasi mandiri harus melaporkan ke Puskesmas terdekat yang nantinya mengawasi kondisi kesehatan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri. Petugas Puskesmas sudah tahu apa yang harus dilakukan,” jelas Yuri melalui covid19.go.id.

Seperti yang diketahui, isolasi mandiri merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona covid-19 atau melindungi masyarakat yang sehat.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Orang Dalam Pamantauan (ODP) yang memiliki riwayat demam, batuk, pilek, atau pernah melakukan perjalanan ke daerah yang memiliki transmisi lokal corona covid-19.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

14 Hari

Masyarakat yang berstatus ODP dipinta untuk melakukan isolasi mandiri dengan tidak meninggalkan rumah selama 14 hari, kecuali untuk memeriksa diri ke klinik atau rumah sakit. Selama masa isolasi berlangsung, pasien akan dipantau dan diberi arahan oleh petugas kesehatan.

“Petugas Puskesmas memiliki peran serta dalam pemantauan dan juga melakukan edukasi yang benar secara terus-menerus mengenai COVID-19 ini,” jelas Yuri.

3 dari 4 halaman

Kenakan Masker

ilustrasi memakai masker medis
Perbesar
ilustrasi memakai masker medis (sumber: iStockphoto)

Pasien yang menjalani isolasi mandiri harus menggunakan masker, kamar tidur terpisah, alat makan sendiri, dan menjaga jarak dengan anggota keluarga lainnya.

Selain itu, apabila ada keluarga yang memiliki daya tahan tubuh rendah dan dalam masa penyembuhan disarankan untuk diungsikan sementara waktu.

 

4 dari 4 halaman

Tak Perlu Panik

Yuri menambahkan, masyarakat tidak perlu panik dan bertindak gegabah dalam menangani virus corona. Karena pada hakikatnya, semua penyakit bisa disembuhkan.

Yuri pun meminta masyarakat tetap tenang dan mengikuti semua anjuran dan seruan pemerintah.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Lanjutkan Membaca ↓