Kenali 5 Gejala Umum Terpapar Virus Corona Covid-19

Oleh Anisha Saktian Putri pada 05 Apr 2020, 18:03 WIB
Diperbarui 05 Apr 2020, 18:03 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Jakarta - Virus corona covid-19 terus menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, tingkat kematian akibat virus corona atau Covid-19 di Indonesia jadi tertinggi di Asia Tenggara.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Covid-19 Achmad Yurianto, hingga Minggu (5/4), tercatat 191 orang meninggal karena virus ini. Kasusnya sendiri di Indonesia mencapai lebih dari 2 ribu.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona covid-19, kita perlu melakukan pencegahan seperti cuci tangan dengan air dan sabun, tidak menyentuh wajah, menggunakan masker jika sakit hingga mengetahui gejala-gejalanya.

Dengan mengetahui gejala-gejala penting ini, diharapkan kita tidak menularkan kepada orang lain dan bisa melakukan isolasi diri selama 14 hari. Lalu apa gejala yang harus kita ketahui?

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Demam

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam
Perbesar
Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Gejala hari pertama terinfeksi virus corona adalah demam. Ketika demam suhu tubuh akan mencapai 38℃ atau bahkan lebih tinggi.

Menurut studi khusus di wuhan, 99 persen pasien mengalami gejala demam. Ketika demam, badan akan menggigil, berkeringat dan akan merasakan lemas. Namun beberapa pasien ada juga yang tidak mengalami demam.


Batuk

Batuk pun menjadi tanda bila terinfeksi virus corona. Batuk juga menjadi media penularan virus corona, untuk itu ketika batuk ada baiknya menggunakan masker atau menutup mulut dengan bagian dalam siku.

 


Rasa lelah

ilustrasi lelah/freepik
Perbesar
ilustrasi lelah/freepik

Rasa lelah yang terus menerus pun menjadi salah satu tanda terkena virus corona. Tubuh akan terasa begitu capek sehinga lemas dan tak bergairah untuk beraktivitas.


Sesak Napas

ilustrasi sesak napas
Perbesar
ilustrasi sesak napas (sumber: iStockphoto)

Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala ringan, namun di kasus-kasus yang tertentu, infeksi dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas.

Pada sebagian kecil kasus, infeksi virus corona bisa berakibat fatal. Bagi pasien lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan penyerta seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan akan mengalami paparan virus yang lebih serius.


Diare

Slain gangguan pernapasan, gangguan pencernaan juga merupakan gejala virus corona yang harus diwaspadai. Para peneliti menemukan bahwa 48,5% dari 204 pasien di Wuhan mengeluh tentang pencernaan.

Salah satunya adalah diare. Bagi pasien corona yang mengalami masalah pencernaan, membutuhkan waktu 9 hari untuk di rawat di rumah sakit.

 Disadur dari Fimela.com (Anisha Saktian Putri/Adinda Tri Wardhani)

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya