Sukses

Gong Oh-Kyun Terjangkit Corona COVID-19, Asisten Pelatih Timnas Indonesia Isolasi Diri

Nova Arianto dan Gong Oh-kyun adalah tangan kanan manajer pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Gong Oh-kyun dinyatakan terpapar virus Corona.

Jakarta - Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto menerapkan karantina mandiri setelah mendengar Gong Oh-kyun terpapar virus Corona. 

Keduanya adalah tangan kanan manajer pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Gong Oh-kyun dinyatakan terpapar COVID-19 setelah mengikuti rapid tes sebanyak dua kali pada Jumat (3/4/2020).

Selain Gong Oh-kyun, Shin Tae-yong dan asistennya yang lain yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong juga menjalani pemeriksaan. Untungnya, hasilnya negatif.

Setelah dinyatakan tidak terpapar virus Corona, Shin Tae-yong beserta asistennya pulang kampung ke Korea Selatan, meninggalkan Gong Oh-kyun yang harus menjalani penyembuhan di Indonesia.

Nova mengaku terakhir bertemu Gong Oh-kyun bulan lalu, tepatnya 13 Maret 2020. Ada jeda waktu cukup lama dengan hasil tes Gong Oh-kyun, namun, pelatih berusia 41 tahun ini tetap mengisolasi diri di rumah.

"Saya terakhir bertemu dengannya pada 13 Maret 2020. Walau ada selisih jarak yang lumayan jauh dari saat dia terpapar, tapi saya akan selalu waspada dan melakukan isolasi mandiri pastinya di rumah," ujar Nova kepada Bola.com, Sabtu (4/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanpa Gejala

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi mengatakan Gong Oh-kyun termasuk ke dalam orang tanpa gejala (OTG). Untuk mengetahui lebih lanjut, Oh-kyun menjalani pemeriksaan PCR, SWAB, CT Scan Thorax, cek fungsi hati, dan elektrolit pada Sabtu (4/4/2020).

"Coach Gong Oh-kyun akan melakukan isolasi di sebuah rumah sakit di Jakarta. Ia tidak mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, flu, atau kesulitan bernafas," kata Syarif Alwi dinukil dari laman PSSI.

"Daya tahan tubuhnya kuat, dia hanya carrier atau pembawa virus di tubuhnya yang dikhawatirkan bisa menularkan pada seseorang yang memiliki imun tubuh lemah," tuturnya.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Yus Mei Sawitri, published 4/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.