Pangkas Gaji 30 Persen, Pemain MU Sumbang Rp 70,8 miliar untuk Perangi Corona Covid-19

Oleh Yus Mei Sawitri pada 03 Apr 2020, 21:40 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 21:40 WIB
kapten Manchester United di era Premier League

Jakarta - Manchester United (MU) menjadi klub Inggris pertama yang berencana memangkas upah pemain untuk membantu perang melawan virus Corona. Dana yang terkumpul diperkirakan mencapai 3,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 70,8 miliar.

Kapten MU Harry Maguire dikabarkan meminta rekan-rekan setimnya menerima ajakan manajemen untuk memotong 30 persen gaji. Hasil donasi tersebut nantinya disalurkan ke beberapa rumah sakit di Manchester. 

Seperti dilansir Metro, Jumat (3/4/2020), ajakan Maguire itu mendapat sambutan hangat dari rekan-rekannya. Para pemain Setan Merah sudah sepakat memberikan 30 persen gaji bulanan mereka, asalkan dipakai untuk membantu para tenaga medis, serta keperluan rumah sakit dan pusat-pusat medis di Manchester.  

Maguire sudah berbicara kepada CEO MU Ed Woodward tentang rencana sumbangan tersebut. Menurut Metro, Ed Woodward setuju dengan usulan Maguire tersebut. 

Langkah Maguire tersebut diambil di tengah kritikan tajam terhadap klub-klub Premier League yang dianggap lamban bereaksi untuk membantu perang melawan pandemi virus Corona.  

Sebelumnya, sudah ada usulan supaya para pemain Premier League dipotong gajinya dan hasilnya disumbangkan untuk dana mengatasi krisis akibat virus Corona. 

2 dari 2 halaman

Kritikan Menteri Kesehatan

Manchester United Gulung Club Brugge 5-0
Para pemain Manchester United. (AP Photo/Dave Thompson)

Sebelumnya, sejumlah pemain Premier League sudah berkontribusi dengan memberi sumbangan masing-masing di berbagai organisasi sosial dalam beberapa pekan terakhir. 

Namun, tetap saja muncul kritikan dari Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock. Dia mengkritik para pemain Premier League yang dinilai tak banyak berkontribusi pada masa sulit di tengah pandemi virus corona. 

Beberapa hari setelah munculnya kritikan itu, Maguire pun mengambil langkah signifikan. Belum ada laporan lain apakah manuveer itu juga diikuti pemain-pemain di klub lain. 

 

Sumber: Metro 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri, published 3/4/2020)

Lanjutkan Membaca ↓