Langkah-Langkah Isolasi Mandiri Cegah Corona Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 03 Apr 2020, 19:40 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 19:40 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta- Corona covid-19 merupakan virus yang menyerang tubuh berimun rendah. Ada beberapa gejala yang dialami seseorang sebelum dinyatakan positif covid-19, seperti demam tinggi dan gangguan pada saluran pernapasan.

Dilansir dari Covid19.go.id, langkah yang paling tepat jika mengalami gejala ringan tersebut adalah dengan karantina atau isolasi mandiri. Hal itu guna menghindari penyebaran virus corona covid-19 kepada diri sendiri dan orang lain.

Lantas apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan sesorang jika mengalami gejala virus corona covid-19?

Yang terpenting, pantau perkembangan kondisi diri sendiri dan minum air yang cukup. Jika memerlukan bantuan orang lain, bisa dilakukan oleh orang dewasa yang tidak sakit dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

2 dari 4 halaman

Gunakan Masker

Masker Kain
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Masker Credit: pexels.com/AnnaShevts

Selain itu, penggunaan masker yang benar juga harus diterapkan. Pastikan area mulut, hidung, dan dagu tertutupi dengan baik. Hal tersebut juga harus dilakukan oleh orang yang membantu anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan masker. Seperti mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan masker, mengganti masker bila terasa lembab , serta membuang masker ke tempat sampah yang tertutup.

 

3 dari 4 halaman

Kamar Terpisah

Jika tubuh merasa kurang fit, ada baiknya untuk beristirahat di kamar yang berbeda dengan angota keluarga lainnya.

Selain itu, penggunaan alat makan, mandi, dan sprei yang sama bisa menjadi media penularan virus. Oleh karena, disarankan untuk menggunakan barang yang berbeda.

 

4 dari 4 halaman

Tidak ke Rumah Sakit jika Tidak Mendesak

Mengintip Penanganan Pasien Kritis Virus Corona
Perbesar
Dokter memeriksa kondisi pasien kritis virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (13/2/2020). China melaporkan 254 kematian baru dan lonjakan kasus virus corona sebanyak 15.152. (Chinatopix Via AP)

Perlu diingat, saat ini rumah sakit hanya diperuntukan untuk orang yang berada dalam keadaan darurat. Anda sebaiknya tidak ke rumah sakit jika tidak terlalu mendesak. Bila kesehatan memburuk, segera kontak fasilitas layanan kesehatan.

Jika harus ke rumah sakit, usahakan anda tidak menggunakan kendaraan umum dan selalu menjaga jarak dengan orang lain. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau pembersih tangan yang menagndung alkohol.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Lanjutkan Membaca ↓