Son Heung-min Jalani Wamil di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Oleh Aning Jati pada 02 Apr 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 02 Apr 2020, 22:00 WIB
Son Heung-min
Perbesar
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min. (AP/Matt Dunham

Jakarta - Bintang Tottenham Hotspur Son Heung-min berencana memanfaatkan jeda kompetisi akibat pandemi virus Corona untuk menjalani kewajiban militer. Menurut pemberitaan, dia bakal memulai wamil pada 20 April 2020.

Son Heung-min merupakan bagian tim yang membawa Korea Selatan merebut medali emas pada Asian Games 2018.

Dengan prestasi itu, mereka mendapatkan keistimewaan berupa tidak melakoni wamil seperti laki-laki di Korea Selatan lainnya.

Wamil untuk laki-laki berusia 19-35 tahun di Korea Selatan biasanya berlangsung 21-24 bulan.

Namun, dengan prestasi medali emas Asian Games 2018, Son Heung-min dan kawan-kawan hanya akan menjalani wamil selama tiga pekan plus pelayanan masyarakat selama 544 jam. 

Wamil selama tiga pekan yang akan dijalani pemain berusia 27 tahun itu berupa latihan militer dasar.

Sementara untuk pelayanan masyarakat (kerja sosial), bisa diambil Son selama 34 bulan ke depan.

Sumber tersebut mengungkap, Son Heung-min bakal melapor ke kamp Korps Marinir di pulau selatan Jeju pada 20 April 2020 dan akan menjalani pelatihan semalam tiga minggu.

Normalnya, pelatihan berlangsung selama empat minggu untuk Angkatan Darat, tetapi hanya tiga minggu untuk Marinir dan Angkatan Laut.

2 dari 2 halaman

Waktu Tepat

Son Heung-min
Perbesar
Penyerang Korea Selatan, Son Heung-min, menggigit mendali, usai menjuarai Asian Games dengan mengalahkan Jepang di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018). (AP/Bernat Armangue)

Son diketahui telah berada di Korea Selatan sejak Sabtu pekan lalu. Ia meninggalkan London di tengah pandemi virus corona yang sedang terjadi di Inggris Raya, sama halnya di Negeri Ginseng.

Pemain Bayern Leverkusen tersebut dikabarkan minta izin Tottenham Hotspur untuk kembali pulang ke Korea Selatan demi alasan personal.

Ketika itu banyak yang menganggap alasan personal itu untuk meneruskan perawatan cedera retak lengan kanannya. Hingga, kabar ia mendaftar masuk wamil muncul pada Rabu malam (1/4/2020).

Dengan kompetisi Premier League masih ditunda hingga 30 April 2020, Son Heung-min melihat ada celah untuk segera melakoni wamil. Apalagi, dikabarkan ia sudah harus melakoni kewajibannya itu paling lambat pada musim panas tahun ini.

 

Sumber: Yonhap

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Aning Jati/Editor: Aning Jati, published 2/47/2020)

Lanjutkan Membaca ↓