Sukses

4 Hal Penting Ini Harus Dilakukan Selama Virus Corona Covid-19 Masih Ada

Hingga saat ini, Kamis (2/4/2020), sudah ada 1.790 kasus corona covid-19 di Tanah Air dan berpotensi terus meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona covid-19 masih belum pergi dari Indonesia. Hingga saat ini, Kamis (2/4/2020), sudah ada 1.790 kasus corona covid-19 di Tanah Air.

Tercatat, sudah ada 170 orang Indonesia yang meninggal karena virus corona covid-19. Namun, jumlah orang yang sembuh semakin banyak, yakni sudah 112.

Mengutip dari situs covid-19.go.id, hal paling tepat untuk dilakukan di tengah wabah ini adalah tetap di rumah. Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah adalah hal yang sangat penting untuk mencegah virus corona.

Anda tidak perlu melakukan Rapid Test untuk mengetahui apakah tertular virus corona atau tidak. Rapit Test adalah tes cepat yang ditujukan kepada orang yang berisiko, seperti orang tua dan punya penyakit kronis.

Yang mengikuti Rapid Test ada 3 kategori, yaitu OTG (Orang Tanpa Gejala), ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Petugas Kesehatan yang menentukan statusnya.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan selama wabah virus corona covid-19 masih ada di Indonesia?

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Isolasi diri

Jika mengalami gejala ringan (demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat atau rasa lelah), tinggallah di rumah. Jangan ke mana-mana. Beristirahatlah di kamar tersendiri yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya.

Pantau perkembangan kondisi Anda dan minum air yang cukup. Hanya orang dewasa sehat yang merawat dan mereka harus cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah memasuki kamar Anda.

3 dari 5 halaman

Gunakan Masker

Gunakan masker dan pastikan mulut, hidung dan dagu tertutupi ketika Anda mengalami gejala virus corona. Bila ada orang yang membantu Anda di rumah, dia pun harus menggunakan masker.

Untuk memakai masker, perhatikan hal-hal berikut:

- Selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum memasang masker

- Selama memakai masker, jangan dilepas dan pasang kembali

- Jangan menyentuh masker yang Anda pakai. Kalau tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

- Setelah terasa lembab/ basah, ganti yang baru. Buka masker dengan cara melepaskan talinya. Jangan memegang permukaan depan masker

- Segera buang ke tempat sampah tertutup

- Ingat, masker hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai berkali-kali

 

 

4 dari 5 halaman

Jangan Mencampur Peralatan Mandi

Gunakan peralatan makan, mandi dan sprei yang berbeda dengan anggota keluarga lain. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Bersihkan benda yang sering tersentuh tangan seperti gagang pintu, meja dan lain-lain dengan cairan disinfektan. Selalu jaga jarak lebih dari 1 meter dengan anggota keluarga lainnya.

Ingat, rumah sakit hanya untuk orang sakit parah jadi jangan pergi ke sana kecuali mendesak, misalnya kondisi kesehatan memburuk (demam tinggi dan kesulitan napas). Kontak segera fasilitas layanan kesehatan bila itu terjadi.

Kalau Anda harus ke Rumah Sakit, jangan ajak anak-anak. Minta 1 atau 2 orang kerabat untuk mengantar. Sebisa mungkin, jangan gunakan kendaraan umum untuk ke fasilitas layanan kesehatan dan di sana selalu jaga jarak lebih dari 1 meter dengan siapapun. Ambil kesempatan untuk cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau cairan pembersih tangan (alkohol minimal 60 persen).

 

5 dari 5 halaman

Jika Harus Belanja, Perhatikan Ini

Saat ini pemerintah menyarankan membatasi kontak antar warga, sehingga sekolah ditutup dan sebagian besar pekerja melakukan tugasnya dari rumah.

Batasi pergi belanja makanan atau kebutuhan penting. Pilih satu orang di keluarga untuk belanja dan jangan pilih orang yang berisiko (orang lansia – lanjut usia atau yang sakit kronis atau menahun seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes)

Selalu jaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain saat berada di pasar atau tempat belanja. Saat kembali, langsung cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik.

Bila tetangga-tetangga membutuhkan pertolongan dan Anda sanggup, tawarkan diri menerima titipan belanja.

Mohon diingat, situasi ini hanya sementara dan bila semua orang tetap tinggal di rumah, wabah semakin cepat berakhir. Kalau kita melindungi diri, berarti kita melindungi sesama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini