Sukses

7 Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami saat Karantina Mandiri Corona Covid-19

Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat, termasuk stres ketika isolasi diri di masa pandemi corona Covid-19.

Jakarta - Ada sejumlah faktor yang bisa menimbulkan jerawat, termasuk stres ketika isolasi diri di masa pandemi corona Covid-19 seperti sekarang. Kemunculan jerawat itu bisa membuat Anda kurang percaya diri.

Persoalan yang mungkin harus dihadapi dalam momen karantina diri adalah mencari obat untuk menyembuhkan jerawat yang muncul.  Bisa jadi Anda sudah kehabisan stok, atau memang tidak menyediakan obat jerawat di rumah. 

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada obat jerawat alami yang mudah Anda dapatkan. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cara ini juga dapat Anda lakukan sendiri di rumah selama melakoni karantina mandiri.

Menggunakan obat rumahan sebagai cara alternatif menghilangkan jerawat, pada dasarnya hanya untuk menyeimbangkan kadar minyak kulit, mengurangi peradangan, membunuh bakteri, dan mencegah jerawat muncul kembali.  

Beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menuntaskan masalah jerawat pada kulit, seperti lidah buaya, soda kue, putih telur, bawang putih, hingga mentimun.

Berikut bahan alami yang bisa mengatasi jerawat saat masa karantina mandiri akibat pandemi corona Covid-19 yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/4/2020).

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu masakan, tetapi tak hanya itu, bawang putih juga dipercaya sebagai obat mengatasi jerawat. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang tinggi.

Selain itu, sifat antioksidan, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang ada dalam bawang putih mampu mencegah peradangan pada kulit.

3 dari 8 halaman

2. Putih Telur

Bahan alami selanjutnya yang bisa atasi jerawat adalah putih telur. Kandungan enzim lysonim yang ada dalam putih telur mampu menghilangkan jerawat secara ampuh.

Selain itu, putih telur mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit wajah.

4 dari 8 halaman

3. Mentimun

Mentimun memiliki sifat antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Selain itu, mentimun memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang ada di dalamnya dan dipercaya mampu mengurangi pembekakkan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah.

Anda cukup gunakan masker mentimun pada kulit berjerawat secara teratur.

5 dari 8 halaman

4. Tomat

Tomat selama ini dipercaya sebagai menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A. Selain itu, kandungan vitamin C pada tomat juga mampu menjadi bahan alternatif obat alami mengatasi jerawat.

6 dari 8 halaman

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang mampu mengatasi jerawat dan bekerja cepat dalam menghilangkan jerawat yang timbul. Lidah buaya cukup populer dijadikan masker untuk mengatasi jerawat.

Sifat antibakteri yang ada dalam lidah buaya serta antiinflamasi alami, dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Lidah buaya sangat cocok diaplikasikan sebagai pelembab pada orang yang memiliki kulit kering karena mengandung banyak air.

7 dari 8 halaman

6. Minyak Kelapa

Sifat antiinflamasi yang ada dalam minyak kelapa dan antibakteri mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, penggunaan minyak kelapa mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat.

Rutin menggunakan minyak kelapa bisa mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat.

8 dari 8 halaman

7. Soda Kue

Selain berfungsi sebagai bahan pembuatan kue, soda kue juga memiliki manfaat lain, yaitu bahan alami atasi jerawat. Oleskan soda kue setelah dicampur dengan air ke bagian wajah yang terdapat jerawat.

Pastikan sebelum mengaplikasi adonan soda kue, wajah Anda sudah dibersihkan.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari Bola.com (Penulis Alfi Yuda / Editor Aning Jati, Published 2/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini