Sukses

Tips Menjaga Diri dari Ancaman Virus Corona Covid-19

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia kembali mengimbau masyarakat untuk terus menjaga diri dari ancaman virus corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Total akumulatif yang terjangkit virus corona covid-19 di Indonesia hingga saat ini masih terus bertambah. Menurut data terakhir dari covid19.go.id, hingga Rabu (1/4), jumlah pasien positif mencapai 1.677 orang.

Untuk pasien meninggal, hingga saat ini bertambah 21 orang sehingga total akumulatif menjadi 57 orang. Meski demikian, jumlah pasien sembuh atau negatif corona covid-19 bertambah sebanyak 22 orang.

Dari gambaran tersebut, juru bicara pemerintah penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan masih banyak masyarakat yang mengabaikan himbaun pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia kembali mengimbau masyarakat untuk terus menjaga diri dari ancaman virus corona covid-19. 

Berikut beberapa cara yang dianjurkan untuk menjaga diri dari ancaman virus corona, seperti dirilis di akun Instagram Kemenkes RI.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Menggunakan Masker

Penggunaan masker sebenarnya hanya diwajibkan bagi tenaga medis dan masyarakat yang kurang sehat. Namun, masyarakat di anjurkan untuk menggunakan masker yang terbuat dari bahan kain untuk mengurangi kemungkinan terkena virus corona.

Apabila merasa demam dan batuk, sebaiknya anda menggunakan masker dan menerapkan etika batuk yang benar.

 

3 dari 9 halaman

Menjaga Jarak

Untuk masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar rumah, ada baiknya untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain guna mengantisipasi tertular virus corona. Jarak minimal antara satu dengan lainnya adalah antara satu hingga dua meter.

Pemerintah pun belakangan gencar mengampanyekan social distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

 

4 dari 9 halaman

Hindari Kontak Langsung

Jika harus bertemu dengan teman atau kerabat kerja, masyarakat dihimbau untuk tidak bersalaman atau cium pipi kanan kiri. Seperti yang diketahui, virus corona bisa berpindah hanya dengan melalui sentuhan.

Gunakan gestur lain, atau sekedar saling menyapa dari jarak yang sudah dianjurkan.

 

5 dari 9 halaman

Hindari Keramaian

Sejak melonjaknya jumlah pasien yang terpapar virus corona, pemerintah meminta seluruh masyarakat untuk melakukan seluruh kegiatan dari rumah.

Hal itu bertujuan untuk tidak menciptakan kermaian yang berpotensi menyebarkan pandemi covid-19.

 

6 dari 9 halaman

Jalani Isolasi Mandiri

Masyarakat yang merasa kurang sehat dihimbau untuk melakukan karantina atau isolasi mandiri di rumah. Bila sakit, imunitas yang dimiliki seseorang sedang menurun sehingga mudah terkena berbagai virus termasuk corona.

Maka itu, mengisolasi diri di rumah jadi cara terbaik. Selain untuk menyembuhkan kondisi badan, juga menghindar tertular atau menularkan virus dari atau ke orang lain.

 

7 dari 9 halaman

Ikut Panduan Resmi dan Perkembangan Informasi

Dalam keadaan darurat seperti ini, masyarakat dihimbau untuk tidak panik dan mengikuti anjuran pemerintah. Ada baiknya untuk selalu memantau dan mengikuti perkembangan informasi.

Dapatkan informasi dari sumber-sember terpercaya dan media kredibel. Hati-hati hoaks.

 

8 dari 9 halaman

Mengurangi Penggunaan Transportasi Publik

Bagi masyarakat yang harus berpergian keluar rumah, usahakan untuk tidak menggunakan transportasi publik kecuali dalam keadaan mendesak.

Menggunakan transportasi publik dengan berdesak-desakan sama sekali tidak dianjurkan.

9 dari 9 halaman

Mencuci Tangan

Salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona adalah dengan menjaga kebersihan. Masyarakat dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan benar atau menggunakan hand sanitizer.

Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir bahkan disebut-sebut sebagai cara yang paling ampuh menghindari virus corona covid-19.

(Balwa Ramadhan/Mg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.