Sukses

Tata Cara Masuk ke Rumah Usai Bepergian saat Pandemi Corona Covid-19

Anda baru saja bepergian? Sebaiknya lakukan hal-hal ini sebelum masuk ke rumah di tengah pandemi corona Covid-19 seperti sekarang.

Jakarta - Pandemi corona Covid-19 memaksa orang untuk lebih memperhatikan aktivitas sehari-hari. Lengah sedikit saja, kita bisa berpotensi terinfeksi virus yang muncul Desember 2019 ini.

Beragam cara agar terhindar dari corona Covid-19 yang disebabkan telah disampaikan baik oleh pemerintah maupun pakar kesehatan hingga institusi-institusi seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Yang paling mendasar adalah menjaga kebersihan diri, seperti dengan rajin mencuci tangan, rutin mandi, mengganti baju, dan lain sebagainya. Selain itu, juga melakukan karantina mandiri selama minimal 14 hari dan menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.

Masih banyak lagi upaya lain untuk mencegah penyebaran virus yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok, ini. Terkait karantina mandiri, kita disarankan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Apabila tidak terpaksa, tidak keluar rumah.

Sejatinya, orang sehat atau tidak terinfeksi virus corona, tetap diperbolehkan keluar rumah dengan beberapa catatan, seperti berolahraga dan membeli bahan kebutuhan dasar.

Namun, tak dimungkiri, tak semuanya bisa mematuhi imbauan tersebut. Ada situasi yang memaksa seseorang harus tetap beraktivitas di luar rumah, semisal harus tetap bekerja seperti biasa.

Demi mencegah diri Anda terinfeksi dan juga mencegah Anda tidak menularkan virus corona pada orang terkasih di rumah, berikut tata cara masuh rumah setelah bepergian selama masa pandemi corona Covid-19 yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/4/2020).

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tata Cara Masuk ke Rumah setelah Bepergian

  • Begitu tiba di rumah, hindari menyentuh apa pun
  • Buang masker atau cuci masker setelah digunakan bepergian
  • Melepas sepatu sebelum masuk ke rumah
  • Menaruh barang-barang, seperti tas, dompet di tempat khusus yang diletakkan di dekat pintu
  • Melepas pakaian dan segera masukan ke dalam keranjang cucian terpisah
  • Segera mandi
  • Bila tak segera mandi, segera cuci tangan sesuai aturan dan semua area kulit yang terkena paparan udara luar
  • Membersihkan ponsel atau kacamata dengan disinfektan atau alhokol
  • Bersihkan semua permukaan benda yang Anda bawa bepergian dengan disinfektan

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Aning Jati, Published 2/4/2020) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.