Sukses

Alami Beberapa Gejala seperti Ini, Anda Perlu Jalani Tes Virus Corona Covid-19

Terdapat beberapa tanda umum yang perlu diperhatikan sehingga Anda sadar perlu memeriksakan diri atau jalani tes virus corona Covid-19.

Jakarta - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 menjadi atensi banyak orang. Ragam reaksi terjadi di masyarakat, meski sebagian besar mengaku waspada dan khawatir. Oleh karena itu, pencegahan secara dini menjadi pekerjaan rumah yang besar.

Satu di antara PR tersebut adalah membawa masyarakat agar sadar terkait penyebaran virus corona. Beberapa kali terlihat masyarakat enggan untuk diperiksa awal, padahal hal itu berstatus tindakan preventif.

Kini, Semua orang diimbau saling menjaga jarak agar tidak tertular virus corona penyebab COVID-19. Namun, mengenali gejala-gejala infeksi virus corona tidak kalah pentingnya.

Pemahaman tentang gejala membuat semua orang waspada dan sebisa mungkin memeriksakan diri ke rumah sakit secara dini. Berikut ini tiga tanda utama infeksi virus corona yang menjadi peringatan bagi Sahabat Bola.com harus melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alami Gejala Umum dan Berada Dalam Kelompok Prioritas

Menurut laman medicaldaily.com, demam, batuk kering, dan napas pendek, merupakan gejala utama terpapar virus Corona. Pada awalnya, rekomendasi untuk perawatan hanya bagi mereka yang terkena langsung dari orang positif terinfeksi.

Namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah mengizinkan siapa saja dengan gejala diuji. Maureen Ferran, seorang profesor biologi di Rochester Institute of Technology, mencatat dalam sebuah artikel yang diterbitkan The Conversation, tidak layak untuk menguji semua orang yang sakit di Amerika Serikat.

Sebagian besar tenaga kesehatan setuju untuk memprioritaskan pengujian hanya bagi orang-orang yang berisiko tinggi terpapar virus corona. Golongan ini antara lain petugas kesehatan yang telah melakukan kontak dengan pasien, orang-orang yang berada di daerah dengan tingkat gejala yang tinggi, dan orang-orang yang berusia 65 tahun keatas dengan penyakit bawaan kronis seperti penyakit jantung, paru-paru atau diabetes.

CDC mengatakan, harus segera mendapatkan perhatian medis jika anda memiliki tanda peringatan seperti kesulitan bernapas, nyeri atau mengalami sakit dada, ketidakmampuan untuk berdiri dan kebiruan dibibir atau wajah. Selain itu, ada juga kondisi lain, yakni terkena paparan langsung dari orang yang terinfeksi virus corona.

3 dari 3 halaman

Segera Tes

Jika Sahabat Bola.com merasa pernah melakukan kontak langsung dengan pasien pada kasus COVID-19 yang telah dikonfirmasi, Sahabat Bola.com dianggap dalam prioritas tinggi.

Dalam beberapa kasus, dokter meminta orang-orang tanpa gejala untuk melakukan karantina mandiri dan selalu memantau suhu tubuh mereka. Namun dalam kasus yang lain, orang-orang dengan gejala ringan justru diminta langsung melakukan tes.

Jika Sahabat Bola.com telah terpapar langsung dengan seseorang yang positif Covid-19, Anda harus segera menguhubungi tim medis untuk diberikan panduan lebih lanjut.

Sumber : Berbagai sumber

Disadur dari : Dream.co.id

Penulis : Ulyaeni Maulida (1/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.