Sukses

Menpora Zainudin Amali Punya Kenangan Terhadap Sosok Mendiang Bob Hasan

Bob Hasan diketahui meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta. Dia wafat karena kanker paru-paru.

Liputan6.com, Jakarta - Menpora Zainudin Amali ikut berduka atas wafatnya Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Bob Hasan. Bob Hasan meninggal dunia di usia 89 tahun.

Bob Hasan diketahui meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta. Dia wafat karena kanker paru-paru.

"Saya sangat berduka cita atas berpulangnya Mohammad Bob Hasan ke Rahmatullah," kata Zainudin Amali dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Menpora masih tidak menyangka Bob Hasan sudah tutup usia. Pasalnya, bulan lalu, mereka masih mengobrol melalui sambungan telepon.

"Sebulan lalu, dia masih berobat di Thailand dan masih sempat ngobrol dengan saya melalui telepon. Jasa dia untuk olahraga di Indonesia sangat luar biasa, khususnya di atletik," ujar Menpora.

Bob Hasan merupakan seorang pengusaha yang menyokong dana untuk Lalu Muhammad Zohri, atlet muda asal Nusa Tenggara Barat.

Bob Hasan, pengusaha kayu itu membiayai seluruh kebutuhan Zohri untuk mengikuti lomba lari dunia di Finlandia, Juli 2018. Mulai dari biaya latihan, persiapan, akomodasi, dan kebutuhan lainnya. Semua dari kocek pribadi Bob Hasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria Hebat

Zainudin Amali menyebut Bob Hasan sebagai orang hebat di dunia olahraga. Menpora melihat hal tersebut ketika dirinya berbincang dengan Bob Hasan sebelum gelaran SEA Games di Filipina, tahun lalu.

"Setelah tiga hari saya dilantik menjadi Menpora, saya mendatangi tempat pelatnas atletik yang sedang persiapan untuk ke SEA Games di Filipina. Di situ saya ngobrol lama (lebih dari 1 jam) dengan Pak Bob."

"Beliau cerita panjang lebar tentang suka duka mengurus cabor, khususnya atletik. Kesan saya ketika itu, dia orang tua yang hebat, sudah seusia yang sepuh seperti itu masih mau tiap hari di lapangan Madya Senayan menemani pelatih, atlet, dan pengurus cabor," ujar Menpora.

3 dari 3 halaman

Ketua Umum PASI Selama 40 Tahun Lebih

Semasa hidupnya, Bob Hasan tak pernah kehilangan semangat untuk membawa cabang olahraga atletik Indonesia mendunia. Dia saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Bob Hasan sudah menjadi Ketua Umum PASI sejak masa pemerintahan Soeharto. Tepatnya sejak berusia 47 tahun. Itu berarti sudah 42 tahun lamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.