Sukses

Work From Home, Berikut Cara Menjaga Kesehatan Punggung

Work From Home menjadi pilihan sebagian besar pekerja sepanjang pandemi corona Covid-19. Satu yang rentan adalah masalah punggung.

Jakarta - Status work from home (WFH) menjadi pilihan sebagian besar pekerja di Indonesia. Pandemi corona Covid-19 menjadi alasan utama seluruh pekerjaan harus dilakukan di rumah.

Pada masa-masa awal bekerja dari rumah atau work from home, mungkin Anda akan merasa santai dan senang. Namun seiring waktu, Anda bakal merasa bosan terutama ketika tubuh terasa semakin lelah.

Tidak adanya tempat kerja khusus membuat Anda melakukannya pada sembarang tempat. Mulai dari di meja makan hingga kasur, Anda bakal mencari lokasi kerja yang paling nyaman.

Walau begitu, tentu saja ketiadaan kondisi kerja yang nyaman bisa membuatmu mungkin mengalami masalah terutama ketika bekerja dalam waktu lama di kasur. Punggungmu bakal mengalami masalah ketika kamu melakukannya.

Guna menjaga kesehatan sambil tetap bekerja dengan produktif, terdapat sejumlah hal yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari The Health Site, berikut cara agar Anda tetap sehat ketika bekerja dari rumah atau work from home.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidur Teratur

Tidur Teratur

Tidur merupakan cara termudah untuk menjaga kekebalan tubuh. Pada saat wabah infeksi virus seperti sekarang, tidur secara teratur semakin penting untuk dilakukan. Tidur cukup juga merupakan cara yang tetap untuk menghilangkan sakit di punggung.

Duduk dalam Posisi Tepat

Hindari duduk di atas kasur ketika Anda bekerja. Jika terpakasa, sebaiknya lakukan sambil bersandar di dinding atau hal lainnya. Gunakan juga bantalan antara punggung dengan sandaran.

Lakukan Peregangan

Jangan terus duduk dalam waktu lama. Usahakan berdiri dan bergerak secara teratur. Sedikit berjalan serta peregangan bisa membantu menghilangkan sakit punggung saat bekerja di rumah.

 

3 dari 3 halaman

Lakukan Pijatan

Pakai Es

Gunakan icepack yang dibungkus handuk dan kompres pada bagian terdampak. Hal ini bisa menghilangkan peradangan. Anda juga bisa menggantinya dengan heating pad untuk meredakan nyeri otot ini.

Lakukan Pijatan

Anda bisa meminta tolong pasangan atau orang di rumah membantu memijat punggung. Penelitian membuktikan pijatan lembut bisa meringankan sakit di punggung bagian bawah melalui cara meringankan otot dan saraf.

Sejumlah cara tersebut bisa meredakan sakit punggung yang Anda alami akibat bekerja di rumah. Guna mencegah masalah ini, pastikan menggunakan meja dan kursi yang tepat ketika bekerja dari rumah.

Sumber: The Health Site

Disadur dari: Merdeka.com

Penulis: Rizky Wahyu Permana (27/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.