Khasiat Vitamin E Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tangkal Virus Corona Covid-19

Oleh Kezia Prasetya Christvidya pada 30 Mar 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 30 Mar 2020, 18:00 WIB
file vit e kezo
Perbesar
ilustrasi tubuh sehat/pexels/jonathan borga

Jakarta - Pandemi virus corona covid-19 masih jadi momok di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, virus ini tentu bisa ditangkal dengan berbagai cara dan gaya hidup sehat.

Sistem imun atau daya tahun tubuh yang kuat, tidak akan membuat orand mudah terserang virus corona COVID-19. Karena itu masyarakat semakin perhatian dengan tubuhnya.

Dalam meningkatkan sistem imun tubuh, orang-orang bisa melakukan olahraga, tidur cukup dan mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu vitamin untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah vitamin E.

Zat gizi dalam vitamin E sangat diperlukan dalam menjaga sistem imun tubuh, yang optimal sebagai upaya efektif agar tubuh selalu sehat untuk menangkal virus corona covid-19.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Vitamin E

ilustrasi vitamin/pexels/polina tankilevitch
Perbesar
ilustrasi vitamin/pexels/polina tankilevitch

Untuk menjaga sistem imun tubuh, tubuh memerlukan zat gizi mikro. Definisi dari zat gizi mikro adalah gizi yang mengandung vitamin dan mineral. Vitamin merupakan zat esensial untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Presentase vitamin yang diperlukan oleh tubuh sebenarnya hanya sedikit. Namun vitamin memiliki peranan penting untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin E.

 Alfa tokoferol­  atau yang biasa kita sebut dengan Vitamin E. Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini banyak terdapat dalam membran eritrosit dan lipoprotein plasma.

Vitamin E adalah jenis vitamin yang memiliki fungsi untuk memelihara kesehatan kulit, menjaga kesuburan organ reproduksi, menyehatkan mata, sel darah, dan otak. Perlu diketahui vitamin E juga sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk mempertahankan integritas membran sel.

Virus corona bisa menyerang sel darah dan merusak pembuluh darah. Maka dari itu, vitamin E sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk melindungi pembuluh darah, agar terhindar dari kerusakaan akibat virus corona.

3 dari 6 halaman

Peran Vitamin sebagai Antioksidan

ilustrasi makanan/pexel/polina tankilevitch
Perbesar
ilustrasi makanan/pexel/polina tankilevitch

Dilasir dari alodokter.com, Vitamin E biasa kita kenal sebagai vitamin untuk kulit. Vitamin E juga sering kita temui di produk skincare atau makeup. Namun ternyata Vitamin E memiliki peran penting sebagai antioksidan tubuh manusia.

Di dalam tubuh manusia, vitamin E memiliki peranan yang besar sebagai antioksidan. Hal ini disebabkan karena Vitamin E memiliki cincin fenol. Cincin ini membantu ion hydrogen pada vitamin E untuk menangkal radikal bebas, sebelum merusak membran sel dalam tubuh.

Vitamin E banyak terdapat di membran sel. Membran sel yang banyak mengandung asam lemak tidak jenuh, akan di rusak oleh radikal bebas. Setelah vitamin E bereaksi dengan radikal bebas maka vitamin E menjadi radikal vitamin E atau vitamin E teroksidasi.

4 dari 6 halaman

Vitamin E sebagai Penguat Sistem Imun Tubuh

ilustrasi yoga/pexel/natalie
Perbesar
ilustrasi yoga/pexel/natalie

Virus corona penyebab penyakit COVID-19, dapat menyerang sistem imun tubuh manusia. Bagi sebagian orang yang memiliki sistem imun tubuh yang kuat, dipercaya akan terhindar dari serangan virus corona.

Integritas membran sel sangat mempengaruhi fungsi imunitas, terutama sel-sel imun pada tubuh. Membran sel yang mutu kualitasnya terjamin, dapat menjaga dan meningkatkan komunikasi sel, kemudian membran sel akan memproduksi sitokin, agar sel imun kuat melawan virus corona.

Peran vitamin E dalam meningkatkan produksi sitokin. Sitokin merupakan protein yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh. Sitokin ini membuat sistem imun tubuh menjadi kuat, dapat meningkatkan proliferasi sel T, dan tubuh imun tubuh menjadi kebal dari penyakit. Sel T adalah kelompok sel darah putih untuk kekebalan tubuh.

5 dari 6 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin E

ilustrasi makanan/pexel/foodie factor
Perbesar
ilustrasi makanan/pexel/foodie factor

Di saat pandemi corona, tubuh sangat memerlukan kualitas gizi yang baik. Vitamin E merupakan zat gizi yang baik bagi sel imun tubuh manusia. Maka dari itu pada saat seperti ini lebih baik mengkonsumsi makanan sehat.

Dilansir dari Merdeka.com, ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin E, seperti kacang-kacangan, buah dan sayur.

Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Selain itu, vitamin pada kacang-kacangan juga melindungi lemak tubuh dan aliran darah. Contoh kacangan-kacangan yang dapat dikonsumsi adalah kacang almond, kacang tanah dan kacang hazelnut.

Buah-buahan dipercaya memiliki banyak sekali kandungan vitamin. Buah yang mengandung banyak vitamin E adalah alpukat, kiwi dan mangga. Buah-buahan ini sangat bagus untuk menambah dan memperkuat sistem imun tubuh.

Selain kacang-kacangan dan buah, Sahabat Fimela juga harus mengkonsumsi sayur. Sayur yang mengandung vitamin E adalah bayam dan brokoli. Sayuran ini dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh

6 dari 6 halaman

Konsumsi Zat Gizi Seimbang

ilustrasi sayur/pexel/daria shevtsova
Perbesar
ilustrasi sayur/pexel/daria shevtsova

Vitamin E sangat bagus untuk memperbaiki sistem imun, pada saat pandemi corona seperti sekarang. Namun mengkonsumsi vitamin E saja kurang efektif.

Sahabat Fimela juga harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Seperti karbohidrat, protein dan makro nutrisi lainnya. Kurangi makanan yang mengandung banyak gula atau alkohol.

Kalau ingin mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E, harus diperhatikan takaran dosisnya. Suplemen yang mengandung vitamin E, jika tidak di konsumsi dengan dosis yang tidak sesuai akan mengakibatkan penyakit. Contoh penyakitnya adalah diare, mual, sakit kepala, ruam kulit dan malah membuat tubuh menjadi lemah.

Disadur dari Fimela.com (Kezia Prasetya/Ayu Puji Lestari)

Lanjutkan Membaca ↓