Sukses

Melihat Kiprah Jebolan Timnas Indonesia U-19 Piala AFF 2013 di Liga 1 2020

Beberapa pemain jebolan Timnas Indonesia U-19 yang berlaga di Piala AFF 2013 masih eksis dan memperkuat klub-klub elite Liga 1 2020. Siapa saja?

Jakarta- Indonesia sempat punya banyak banyak pesepak bola berbakat pada 2013 yang tergabung dalam Timnas Indonesia U-19. Skuat yang dilatih Indra Sjafri itu sempat digadang-gadang bakal menjadi generasi emas Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 ketika itu dihuni 21 pemain yang akan tampil di Piala AFF U-19 2013. Sebagai tuan rumah, Indonesia tentu mendapatkan tekanan dalam turnamen yang digelar di Sidoarjo pada 9-22 September 2013 itu.

Timnas Indonesia U-19 ketika itu berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Brunei Darussalam. Pasukan Garuda Nusantara berhasil melaju ke semifinal mendampingi Vietnam setelah menjadi runner-up dengan raihan tiga kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Pada laga semifinal, Timnas Indonesia U-19 berhasil menyingkirkan Timor Leste dengan skor 2-0. Evan Dimas cs. kembali berjumpa dengan Vietnam pada laga final.

Pertandingan berlangsung sengit dan tanpa gol selama 120 menit. Laga kemudian berlanjut melalui adu tendangan penalti. Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan dengan skor 7-6. Gelar ini menjadi yang pertama buat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF.

"Mental yang paling cepat menggerakkan kita. Dengan membayangkan bahwa kita negara besar yang penduduknya sekian puluh juta, itu saja sudah cukup," kata Indra Sjafri dalam wawancara dengan BBC pada 2013.

Lantas bagaimana kabar para mantan pemain Timnas Indonesia U-19 yang dahulu digadang-gadang sebagai generasi emas Indonesia?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memperkuat Klub Elite

Tak berlebihan untuk menyebut para pemain Timnas Indonesia U-19 yang mempersembahkan gelar Piala AFF U-19 2013 sebagai generasi emas. Hal itu terbukti karena saat ini mayoritas pemain alumni skuat tersebut memperkuat klub-klub elite di Shopee Liga 1 2020.

Ravi Murdianto yang dulu menjadi kiper Timnas Indonesia U-19 kini membela Persikabo bersama Muhammad Dimas Drajad di Shopee Liga 1. Namun, Ravi belum tampil karena gagal bersaing dengan Dwi Kuswanto dan Syahrul Fadil.

Putu Gede Juni Antara, Muhammad Fatchu Rochman, dan Muhammad Hargianto saat ini memperkuat Bhayangkara FC. Adapun Hansamu Yama Pranata saat ini menjadi andalan di lini belakang Persebaya Surabaya.

Zulfiandi saat ini menjadi andalan di lini tengah Madura United. Kemudian Paulo Sitanggang kini membela Persik Kediri dan Ilham Udin Armaiyn berseragam Barito Putera di Liga 1 2020.

Sementara itu, Evan Dimas bermain untuk Persija Jakarta musim ini. Evan tampil gemilang dengan torehan dua gol dalam dua laga yang dimainkannya sejauh ini.

"Saya setiap pertandingan tidak ada target cetak gol dan tampil baik sendiri, tapi yang terpenting bagaimana tim merah kemenangan," ujar Evan Dimas.

3 dari 4 halaman

Gagal Bersaing

Jika ada yang bersinar, maka ada pula yang meredup. Banyak pemain eks Timnas Indonesia U-19 yang gagal bersaing untuk bermain di Shopee Liga 1 2020.

Contohnya adalah Mahdi Fahri Albaar yang harus dipinjamkan Persikabo ke Sulut United di Liga 2 2020. Kemudian ada Hendra Sandi yang meski terdaftar di Persela Lamongan, namun belum mendapatkan kepercayaan bermain.

Sementara itu, Martinus Novianto kini diketahui membela PSIS Yogyakarta. Adapun Muchlis Hadi Ning Syaifulloh kini masih menganggur setelah dilepas Persib Bandung pada 2020.

Kemudian ada Maldini Pali yang saat ini bermain bersama Kalteng Putra di Liga 2 2020. Sementara itu, Dinan Javier tidak diketahui keberadaannya saat ini.

4 dari 4 halaman

Daftar Skuat

Kiper: Ravi Murdianto, Rully Desrian

Belakang: Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Muhamad Sahrul Kurniawan, Febly Gushendra, Muhammad Fatchu Rochman, Dimas Sumantri, Mahdi Fahri Albaar

Tengah: Muhammad Hargianto, Zulfiandi, Hendra Sandi Gunawan, Alqomar Tehupelasury, Evan Dimas Darmono, Paulo Sitanggang, Ilham Udin Armaiyn, Maldini Pali

Depan: Muhammad Dimas Drajad, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Angga Febrianto Putra, Dinan Yahdian Javier

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap, Editor Benediktus Gerendo, Published 29/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini