Sukses

Waspada Corona Covid-19, Ini Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Umur

Suhu tubuh normal pada seseorang ternyata bervariasi, tergantung pada faktor yaitu usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas.

Jakarta - Langkah antisipasi pencegahan penularan virus corona ada banyak cara. Salah satunya adalah adalah pemeriksaan suhu tubuh.

Pengecekan suhu tubuh banyak ditemui di berbagai tempat setelah mencuatnya wabah Covid-19. Tempat-tempat yang menerapkan pengecekan suhu tubuh antara lain bandara, stasiun, perkantoran, mal, kafe, bahkan kini di berbagai tempat ibadah serta fasilitas publik lain.

Dari suhu tubuh tersebut, dapat diketahui apakah seseorang dalam kondisi yang sehat atau sedang sakit, Lalu, berapa sebenarnya suhu tubuh yang normal?

Suhu tubuh normal pada seseorang ternyata bervariasi, tergantung pada faktor yaitu usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas. Pemeriksaan suhu dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh antara lain dahi, ketiak, mulut, dan anus.

Mengutip Medical News Today, agar lebih paham mengenai suhu tubuh dalam kategori normal, berikut ini daftar suhu tubuh normal manusia berdasarkan usia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Suhu Tubuh Orang Dewasa

Suhu tubuh orang dewasa normal berkisar antara 36,5 derajat sampai 37,5 derajat celcius. Suhu tubuh 38 derajat celcius dikategorikan demam, 39,5 derajat celcius masuk kategori demam tinggi, dan 41 derajat celcius kategori demam sangat tinggi.

 

3 dari 5 halaman

2. Suhu Tubuh Anak

Suhu tubuh normal untuk anak usia 3-10 tahun berkisar pada 35,5 derajat hingga 37,5 derajat celcius. Anak-anak cenderung punya suhu tubuh yang sama dengan orang dewasa.

 

4 dari 5 halaman

 3. Suhu Tubuh Bayi

Bayi terkadang memiliki rentang suhu tubuh lebih tinggi daripada orang dewasa ketika pengukuran dilakukan melalui ketiak dan telinga.

Suhu tubuh normal untuk bayi berusia 0 - 2 tahun berkisar dari 36,6 derajat sampai 37 derajat celcius apabila diambil dengan termometer rektal. Suhu tubuh mungkin naik sedikit ketika bayi sedang tumbuh gigi. Sedangkan suhu tubuh rata-rata bayi yang baru lahir adalah 37,5 derajat celcius.

Suhu bayi lebih tinggi dari orang dewasa karena punya area permukaan tubuh yang lebih luas dibanding berat badan mereka. Tubuh bayi cenderung aktif secara metabolik, sehingga menghasilkan panas.

Mereka juga tak terlalu banyak berkeringat ketika hangat yang berarti tubuh mereka mempertahankan panas. Bayi jadi lebih sulit turun panasnya saat demam.

5 dari 5 halaman

Bervariasi Berdasarkan Usia

Yang perlu Anda ingat, suhu tubuh normal pada orang dewasa dan anak ini bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kesehatan.

Alat pengukuran suhu tubuh bisa memberi hasil berbeda, tergantung dari jenis alat pengukuran dan bagian tubuh mana yang diambil suhunya. 

Sumber: Medical News Today 

Disadur dari: Liputan6.com (Editor Amal Abdulrachman, published: 27/3/2020)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.