Anthony Joshua Tetap Fit Usai Kontak dengan Pangeran Charles yang Terjangkit Virus Corona Covid-19

Oleh Marco Tampubolon pada 27 Mar 2020, 17:38 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 17:38 WIB
Joshua Rebut Kembali Gelar Juara Dunia Kelas Berat dari Ruiz
Perbesar
Petinju Anthony Joshua merayakan kemenangannya atas Andy Ruiz Jr dalam kejuaraan tinju kelas berat dunia di Diriyah Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (8/12/2019). Anthony Joshua menang angka mutlak atas Andy Ruiz Jr. (Nick Potts/PA via AP)

Liputan6.com, London - Juara dunia kelas berat versi IBF, WBA, dan WBO, Anthony Joshua, harus menjalani isolasi mandiri usai terlibat kontak dengan Pangeran Charles yang belakangan diketahui positif terjangkit virus Corona Covid-19. Mereka bertemu pada perayaan Commonwealth Day di Westminster Abbey, 9 Maret lalu. 

Dalam acara itu, Joshua juga bertemu dengan Ratu Elizabeth II, dan Perdana Menteri Boris Johnson. Tidak diketahui apakah saat itu Pangeran Charles sudah terjangkit virus Corona Covid-19 atau belum. Sebab pengumuman resmi baru disampaikan Rabu lalu atau dua pekan setelah Commonwealth Day. 

Pangeran Charles kini dalam masa karantina dalam kondisinya dikabarkan baik-baik saja. Selain sang pangerang, sejumlah pejabat kerajaan istana juga dikabarkan positif terjangkit virus Corona Covid-19. 

Meski demikian, Joshua tetap mengikuti protkol penanganan virus Corona Covid-19 yang berlaku di Inggris. "AJ (Anthony Joshua) sedang berada di rumah sesuai dengan arahan pemerintah, dia fit dan baik," kata juru bicara Joshua kepada Mail Online seperti dilansir dari Metro.co.uk. 

"Dia berharap siapapun yang terinfeksi segera pulih dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya disampaikannya kepada semua pekerja yang berada di garda terdepan," beber juru bicara Joshua. 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertarung di Markas Spurs

Taklukkan Ruiz, Joshua Rebut Kembali Gelar Juara Dunia Kelas Berat
Perbesar
Petinju Anthony Joshua (kanan) melakukan pukulan ke wajah Andy Ruiz Jr (kiri) dalam pertandingan kejuaraan tinju kelas berat dunia di Diriyah Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (8/12/2019). Anthony Joshua menang angka mutlak atas Andy Ruiz Jr. (AP Photo/Hassan Ammar)

Joshua sendiri rencananya akan bertarung melawan Kubart Pulev pada 20 Juni 2020. Dalam duel ini, Joshua mempertaruhkan gelar juara dunia kelas berat versi IBF, WBA, dan WBO yang disandangnya.  

Pertarungan dijadwalkan berlangsung di markas baru Tottenham Hotspur, London. Namun belum diketahui apakah duel ini bisa terlaksana tepat waktu kare asaat ini, seluruh agenda olahraga di Inggris tengah mati suri menyusul pandemi global virus Corona Covid-19 yang belum terkendali. 

Seperti diketahui, Inggris merupakan salah satu negara di Eropa yang terdampak penyebaran virus Corona Covid-19. Menurut data terakhir, yang diterbitkan John Hopkins University (27/3/2020) pukul 17.20 WIB, jumlah kasus di Inggris sudah mencapai 11.812 orang dan merenggut 580 jiwa.    

 

3 dari 3 halaman

Sempat Kehilangan Gelar

Joshua Rebut Kembali Gelar Juara Dunia Kelas Berat dari Ruiz
Perbesar
Petinju Anthony Joshua (kanan) bertanding melawan Andy Ruiz Jr (kiri) dalam kejuaraan tinju kelas berat dunia di Diriyah Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (8/12/2019). Anthony Joshua menang angka mutlak atas Andy Ruiz Jr. (Nick Potts / PA via AP)

Joshua merupakan petinju kelas berat asal Inggris. Dia terakhir kali tampil negaranya pada September 2018. Saat itu, Anthony Joshua mengalahkan Alexander Povetkin di Stadion Wembley, London.

Anthony Joshua yang memiliki rekor bertanding 23-1-0 sempat kehilangan empat gelar saat kalah TKO kepada Andy Ruiz Jr, bulan Juni 2019 lalu. Sabuk yang lepas terdiri dari gelar juara dunia kelas berat versi WBA, IBF, WBO, dan IBO.

Namun Joshua berhasil merebutnya kembali setelah memenangkan partai rematch yang berlangsung di Diriyah Arena, Diriyah, Arab Saudi, enam bulan kemudian. Pada pertandingan ini, Anthony Joshua dinyatakan menang angka mutlak atas petinju Amerika Serikat tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓