Sukses

Cuci Pakaian setelah Bepergian, Perlu Dilakukan di Tengah Pandemi Corona Covid-19?

Pola hidup bersih dan sehat diterapkan agar tidak terjangkit Covid-19 yang disebabkan virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat kewaspadaan masyarakat meningkat menyusul pandemi virus Corona. Pola hidup bersih dan sehat diterapkan agar tidak terjangkit Covid-19.

Salah satunya dengan langsung mencuci pakaian setelah bepergian. Padahal, praktik ini belum tentu efektif meredam penyebaran virus Corona.

"Cuci tangan memakai sabun dan air mengalir sudah cukup sebagai tindakan pencegahan. Orang tidak perlu khawatir dengan pakaiannya," kata Sarah Fortune, seorang profesor dan ketua Departemen Imunologi dan Penyakit Menular di Fakultas Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan.

"Kecuali, bila Anda petugas medis atau layanan kesehatan yang berpotensi tinggi tertular virus. Maka, tindakan pencegahannya berbeda," sambungnya dilansir Radio.com.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan orang berisiko tertular virus Corona jika berdiri empat meter di dekat orang yang positif Covid-19. Selain itu, orang juga menyentuh permukaan atau benda yang sudah terinfeks dan kemudian menyentuh mulut, hidung, dan mata menggunakan tangan yang belum dicuci bersih.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Corona Tahan Lama di Kain?

Sampai sekarang masih belum diketahui berapa lama virus Corona bertahan hidup di kain dan pakaian. Juan Dumois, dokter penyakit menular di Johns Hopkins All Children's St Petersburg mengatakan virus Corona lebih bertahan di permukaan padat daripada berpori seperti kain.

Seorang dokter penyakit menular di Tufts Medical Center Boston, Gabriela Andujar Vazquez, juga menyatakan orang tidak perlu mencuci pakaian lebih sering setelah mengunjungi toko bahan makanan.

"Cucilah pakaianmu seperti biasa. Pastikan saja kamu selalu mencuci tangan pakai sabun dan air," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Teori Lain

Meski begitu, ada teori lain yang berkembang. Kementerian Kesehatan Malaysia justru menyarankan orang langsung mandi serta membesihkan tangan dan muka pakai sabun setelah berpergian.

Mereka juga meminta semua orang segera berganti pakaian setelah berpergian atau mengunjungi toko bahan makanan, hindari menyentuh anak kecil, dan buang masker yang sudah terpakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini