5 Olahraga yang Bisa Dilakukan dari Rumah di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Oleh Yus Mei Sawitri pada 26 Mar 2020, 04:00 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 04:00 WIB
Push up

Jakarta - Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang meluas di dunia, termasuk di Indonesia, membuat kebijakan bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah terus digalakan

Perusahaan-perusahaan diminta supaya membiarkan karyawannya bekerja dari rumah. Tujuannya jelas untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). 

Bekerja dari dari work from home (WFH) jelas banyak tantangannya. Salah satunya bagaimana menjaga konsentrasi atau fokus dari berbagai gangguan.

Selain itu, saat di rumah juga sebaiknya tetap melalukan aktivitas lain supaya tetap produktif dan tidak bosan. 

Walaupun di rumah atau mengisolasi diri bukan berarti kita tidak bisa melakukan kegiatan apapun seperti olahraga. WFH bukan alasan malas berolahraga. Justru olahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah penularan virus corona lho.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, berikut olahraga yang bisa dilakukan di rumah di tengah-tengah pandemi virus corona.

 

2 dari 6 halaman

1. Yoga

Yoga
Ilustrasi yoga/copyright shutterstock

Yoga sederhana bisa dilakukan di rumah. Anda bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, juga mengatakan bahwa Anda setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuhmu.

 

3 dari 6 halaman

2. Zumba

Ilustrasi Zumba
(iStock)

Gerakan zumba bisa dilakukan di rumah. Anda hanya perlu putar lagu atau melihat gerakan zumba di Youtube. Lakukan setidaknya 30 menit sehari untuk mengurangi berat badanmu. 

 

4 dari 6 halaman

3. Skipping atau Lompat Tali

Skipping, Salah Satu Olahraga yang Pas Dilakukan Selama Isolasi Mandiri
(dok.Instagram @vygante.k/https://www.instagram.com/p/B9wmjxWhm_3/Henry)

Tak perlu repot-repot ke luar rumah, olahraga skipping bisa dilakukan di dalam rumah. Namun harus hati-hati, bisa-bisa tali skippingmu mengenai barang-barang di rumah.

Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Jika kuat, Anda bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

 

5 dari 6 halaman

4. Push up dan Squat

[Bintang] Diamond Push Up
Diamond Push Up | Sumber Foto: youtube.com

Tak perlu lahan yang luas untuk melakukan olahraga Push up dan Squat. Anda bisa melakukan olahraga ini di dalam rumah. Luangkan waktu untuk melakukan Push up dan Squat.

 

6 dari 6 halaman

5. Wall Sit

Cara untuk melakukan wall sit juga terbilang sangat gampang. Posisi awal berdiri tegak dengan menempelkan punggungmu tepat pada tembok/dinding. Lalu perlahan langkah kaki satu persatu ke depan, tekuk lutut kedua kaki seperti memposisikan tubuh seperti saat  duduk di atas kursi.

Anda dapat juga setelah melangkahkan satu persatu kaki kemudian turunkan perlahan tubuh atas sehingga posisi lutut dan bokong sejajar. Tahan dengan sekuat tenaga dan akan merasakan sakit pada bagian betis dan paha. Setelah itu tarik perlahan kaki satu persatu ke posisi semula (berdiri tegak).

Sumber asli: berbagai sumber

Disadur dari: Fimela.com (Penulis Anisha Saktian Putri/Editor Nabila Mecadinisa, published: 24/3/2020)

 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Kevin Sanjaya, Anak Muda Berprestasi Versi Forbes Indonesia