Shopee Liga 1 2020 Dihentikan, Berikut Deretan Kegiatan Pemain Asing

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 25 Mar 2020, 14:10 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 14:10 WIB
Beragam Aktivitas Pesepak Bola Asing Di Masa Off Kompetisi

Jakarta - PSSI menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan. Hal ini membuat klub-klub menambah durasi libur pemain.

Keputusan menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 2020 diambil PSSI untuk mencegah penyebaran corona Covid-19. Seperti diketahui, virus itu sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia.

PSSI menyarankan agar klub mendukung anjuran pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar ruang. Hal itulah yang membuat klub-klub menyarankan agar para pemain tidak meninggalkan daerah tempat mereka berada.

Berbagai cara dilakukan para pemain asing tim peserta Shopee Liga 1 2020 untuk mengisi waktu liburan. Sebagai pesepak bola, mereka mayoritas tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran diri.

Contohnya adalah Paulo Sergio. Pemain asal Portugal itu mengisi jeda kompetisi dengan melakukan olahraga di dalam ruangan.

Paulo Sergio ditemani istrinya melakukan beberapa gerakan workout. Aktivitas yang dijalani Paulo Sergio terasa lebih menyenangkan karena sang putri juga turut menemaninya berolahraga.

Sama dengan Paulo Sergio, Marc Klok juga mengisi jeda kompetisi dengan berolahraga. Pemain asal Belanda itu memilih program endurance untuk menemani kesehariannya.

"Hari yang lain berada di rumah. Bersaing dengan satu orang, yaitu diri saya sendiri. Saya tidak ingin memiliki permainan lebih baik dari siapa saja. Saya hanya ingin meningkatkan diri lebih baik dari sebelumnya," kata Marc Klok dalam akun Instagram miliknya.

Marc Klok terlihat berlatih menggunakan treadmill untuk menjaga kondisinya selama libur kompetisi Shopee Liga 1 2020. Selain itu, pemain berusia 26 tahun itu juga mengandalkan bola untuk melakukan gerakan-gerakan yoga.

2 dari 2 halaman

Berlatih Sendiri

Arema Latihan
Pemain Arema FC, Sylvano Comvalius, melakukan pendinginan usai menjalani latihan di SUGBK, Jakarta, Jumat (2/8). Jelang hadapi Persija, skuat Arema jajal Stadion GBK. (Bola.com/YoppyRenato)

Bomber Persipura Jayapura, Sylvano Comvalius juga tak ingin berdiam diri selama jeda kompetisi Shopee Liga 1 2020. Pemain asal Belanda itu memilih berlatih sendiri untuk mengisi waktu luang.

Comvalius terlihat melakukan gerakan-gerakan workout. Meskipun terkesan sederhana, namun gerakan-gerakan yang dilakukan cukup menguras keringat.

Selain berolahraga, Comvalius juga memanfaatkan jeda kompetisi untuk berkumpul dengan keluarganya. Comvalius memilih untuk tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Bermain dengan anak-anak Anda dan menonton serial yang bisa menghiburmu. Berpikir bagaimana jika hal semacam ini terulang. Maknai hidup Anda dan orang-orang di sekitar," ujar Comvalius.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 25/3/2020)

Lanjutkan Membaca ↓
Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat