Sukses

Lakukan Ini Jika Ada Keluarga Alami Gejala Virus Corona Covid-19

Di Indonesia, ada 686 kasus positif virus corona covid-19 yang telah terkonfirmasi. Dari jumlah itu, 55 orang meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta- Virus corona covid-19 telah menjadi pandemi di dunia. Nyaris tidak ada negara yang luput dari sentuhan virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, Tiongkok itu.

Di Indonesia, hingga Senin (23/3) ada 686 kasus positif virus corona covid-19 yang telah terkonfirmasi. Dari jumlah itu, 55 orang meninggal dunia.

Pemerintah pun terus berupaya mencegah virus ini semakin menyebar. Salah satunya adalah dengan himbauan agar masyarakat bekerja di rumah (work from home).

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan rapid test di sejumlah wilayah terutama di Ibukota, Jakarta. Tes dilakukan agar mereka yang terindikasi positif segera mendapat penanganan medis.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika ada anggota keluarga mengalami gejala terkena virus corona? Dilansir situs resmi pemerintah, covid-19.go.id, mereka harus segera mencari pertolongan medis.

"Bila ada anggota keluarga yang mengalami demam, rasa lelah atau batuk kering, cari pertolongan pada sarana kesehatan dan ikuti perintah tenaga kesehatan," tulis situs covid-19.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempatkan di Ruang Terpisah

Pemerintah juga meminta anggota keluarga yang mengalami gejala itu ditempatkan di ruang terpisah, jika dirawat di rumah. Selain itu, anggota keluarga yang mengalami gejala juga harus memakai masker dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya.

"Dan tidak boleh meninggalkan rumah kecuali berobat," tulis situs covid-19.go.id.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Tetap Beri Perhatian dan Bersihkan Rumah

Anggota keluarga yang tidak mengalami gejala dapat terus menunjukkan perhatian. Caranya mereka dapat berkomunikasi lewat telepon atau pesan singkat whatsapp.

"Secara teratur bersihkan juga permukaan benda-benda atau bagian-bagian di rumah yang sering disentuh tangan dengan disinfektan termasuk kamar mandi yang digunakan anggota keluarga yang tengah diisolasi setiap selesai digunakan," tulis pemerintah.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Positif Terjangkit Covid-19

Seperti dilansir dari laman Alo Dokter, Senin (23/3/2020), ada tiga ciri umum seseorang terinfeksi virus Corona, yakni mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

Secara khusus, seseorang yang terjangkit virus Corona akan mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala, atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.