GP Azerbaijan Jadi Balapan F1 ke-8 yang Ditunda akibat Corona Covid-19

Oleh Harley.Ikhsan pada 23 Mar 2020, 21:40 WIB
Diperbarui 23 Mar 2020, 21:40 WIB
Max Verstappen

Liputan6.com, Baku - Formula 1 (F1) resmi menunda Grand Priz Azerbaijan yang rencananya berlangsung 7 Juni mendatang. Pandemi virus Corona kembali jadi alasan.

"Penundaan itu disepakati setelah diskusi F1 dengan FIA dan Pemerintah Republik Azerbaijan," tulis keterangan resmi Sirkuit Baku.

"Keputusan ini sebagai dampak langsung dari pandemi global Covid-19 dan diambil berdasar panduan para ahli."

GP Azerbaijan menjadi seri kedelapan musim F1 2020 yang ditunda menyusul Australia, Bahrain, Vietnam, Tiongkok, Belanda, Spanyol dan Monako.

Belum ada keputusan terkait seri selanjutnya di Kanada (14 Juni) dan Prancis (28 Juni). Kanada saat ini menutup perbatasan bagi setiap pelancong kecuali untuk urusan darurat dengan Prancis menerapkan pembatasan terhadap pergerakan warganya akibat pandemi virus Corona.

2 dari 3 halaman

Nasib Musim 2020

Sirkuit Monako dan Cara Menikmati Balapan F1
Monako membatalkan balapan F1 musim ini. (AFP/Valery Hache)

F1 berharap tetap dapat menggelar seluruh seri pada musim 2020. Caranya dengan memajukan sesi jeda musim panas sehingga balapan yang ditunda bisa berlangsung di tengah padatnya jadwal.

Namun, dari delapan seri yang sudah ditunda, dua di antaranya sudah mengumumkan tidak bakal menggelar balapan yakni Australia dan Monako.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓