Sukses

Usir Virus Corona Covid-19, Ini Cara Aman Bersih-Bersih Rumah dengan Disinfektan

Dengan mewabahnya virus corona covid-19, seperti sekarang ini, sangat penting bagi kita menjaga kebersihan rumah.

Liputan6.com, Jakarta- Dengan mewabahnya Novel Coronavirus atau virus corona covid-19, seperti sekarang ini, sangat penting bagi kita menjaga kebersihan rumah. Bagaimana kita membuat rumah kita tetap terjaga dari segala kuman.

Salah satu yang terpenting adalah menjaga semua permukaan rumah tangga yang sering disentuh, agar tetap bebas kuman dibandung sebelumnya. Sebut saja gagang keran, telepon, kenop pintu dan lainnya.

Tentu saja, tujuannya agar kita semua terjaga dan terhindar dari serangan virus corona covid-19 yang meresahkan itu.

Perlu diingat, tidak semua produk pembersih yang mengklaim diri sebagai disinfektan sama efektifnya untuk semua jenis kuman. Ada banyak jenis bakteri dan virus dan tidak setiap produk efektif membunuh mereka semua.

Seperti dikutip Good Housekeeping, sebelum menggunakan produk tertentu, ketahuilah bahwa sanitasi tidak sama dengan disinfektan.

Sanitasi (mengurangi jumlah kuman) biasanya membutuhkan waktu lebih sedikit, kadang-kadang hanya 30 atau 60 detik. Sedangkan, disinfektan (membunuh kuman-kuman itu) dapat memakan waktu hingga 10 menit, tergantung pada produk.

Saksikan Video terkait Virus Corona di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jangan Campur Disfektan dan Pembersih

Periksa label untuk mengetahui berapa lama permukaan yang keras dan tidak berpori harus tetap basah untuk membunuh kuman yang paling efektif. Karena cairan menguap, ini mungkin mengharuskan Anda untuk menerapkan produk beberapa kali.

Saat membersihkan rumah, penggunaan sabun dan air secara teratur membersihkan kuman dan mengurangi jumlah kuman, yang juga mengurangi kemungkinan infeksi.

Tetapi untuk benar-benar membunuh kuman, Anda juga harus membersihkan atau mendisinfeksi permukaan setelah membersihkannya. Jangan sekali-kali mengombinasikan disinfektan atau produk pembersih apa pun.

 

3 dari 7 halaman

Permukaan Berpori

Permukaan lunak berpori, tidak akan pernah membunuh kuman sepenuhnya. Namun beberapa semprotan antibakteri dapat membersihkan permukaan yang lembut, seperti bantal dan mainan.  

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC), cara mudah untuk mensterilkan permukaan yang keras dan tidak berpori dengan produk yang mungkin Anda miliki di rumah. Caranya dengan mencampur 1/3 cangkir pemutih klorin (sodium hipoklorit) reguler per galon air. Untuk jumlah kecil, gunakan 4 sendok teh pemutih klorin biasa dan 1 liter air.

 

4 dari 7 halaman

Kenakan Sarung Tangan

Untuk menerapkan disinfektan: mengenakan sarung tangan, celupkan kain ke dalam campuran, lap permukaannya, biarkan larutan menyentuh permukaan selama lima menit dan kering terkena udara.

Untuk permukaan kontak makanan seperti meja, bilas dengan air hangat dan udara kering setelah disinfektan. Berhati-hatilah untuk tidak memercikkan larutan pemutih ke pakaian atau mata, serta menggunakannya dengan hemat pada wastafel dan permukaan stainless steel.

5 dari 7 halaman

Apakah Hidrogen Peroksida Bunuh Virus?

Menurut CDC, hidrogen peroksida adalah disinfektan yang stabil dan efektif terhadap virus ketika digunakan pada permukaan yang keras dan tidak berpori. Biasanya dijual dalam larutan 3 persen, hidrogen peroksida dapat digunakan apa adanya, langsung dari botol.

Yang terbaik adalah menjauhkannya dari kain saat membersihkan dan mengenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.

Untuk menggunakan: semprotkan atau usap pada permukaan, biarkan tetap basah setidaknya satu menit sebelum menyekanya.

6 dari 7 halaman

Apakah Alkohol akan Mendisinfeksi Permukaan?

Isopropyl alkohol adalah disinfektan yang efektif terhadap banyak patogen, termasuk coronavirus, selama konsentrasinya 70 persen. Sebagian besar alkohol gosok adalah 70 persen alkohol isopropil, tetapi konsentrasinya dapat berkisar 60-99 persen.

Untuk membunuh coronavirus dengan cepat di permukaan, 70 persen adalah yang terbaik - alkohol murni (100 persen) menguap terlalu cepat untuk menjadi efektif.

Untuk menggunakan: bersihkan atau semprotkan permukaan dengan alkohol dan pastikan itu tetap basah setidaknya selama 30 detik.

7 dari 7 halaman

Bilas dengan Air Jernih

 

Uji permukaan untuk keamanan di tempat tersembunyi sebelum menggunakan alkohol, hidrogen peroksida, atau disinfektan apa pun, terutama permukaan yang lembut.

Pada permukaan kontak makanan, bilas dengan air jernih dan keringkan setelah disinfektan, kecuali label produk secara khusus mengatakan itu tidak perlu.

(Melly Febrida/Dyah Puspita W)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.