Sukses

Takut Virus Corona Covid-19, Kanada Absen di Olimpiade 2020

Kontingen Kanada memastikan diri akan absen di Olimpiade akibat kecemasan virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Toronto- Wabah virus corona baru atau Covid-19 membuat nasib Olimpiade 2020 masih belum jelas. Ada beberapa opsi yakni berlangsung sesuai jadwal, ditunda atau bahkan dibatalkan.

Pandemi virus corona Covid-19 memang semakin parah saja di penghujung April 2020 ini. Lebih dari 160 negara sudah terinfeksi virus corona.

Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 juga direpotkan dengan terjangan wabah virus corona Covid-19. Meski jumlah korban jiwa tak sebanyak Italia dan Tiongkok.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) sendiri masih belum memutuskan nasib Olimpiade Tokyo 2020. Mereka memilih menunggu situasi penyebaran virus corona Covid-19.

IOC tidak mau tergesa-gesar. Masih ada periode selama empat minggu untuk berdiskusi tentang penundaan. Olimpiade 2020 seharusnya berlangsung mulai 24 Juli 2020.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Absen

Walau IOC belum bersikap, Kanada telah memutuskan tidak akan mengirimkan perwakilan alias memboikot Olimpiade 2020. Boikot akan dilakukan jika Olimpiade 2020 dan Paralimpiade 2020 tidak diundur.

Alasan Kanada tidak mau mengirimkan tim sama sekali karena kekhawatiran akan ancaman virus corona Covid-19. Keputusan ini diambil setelah diskusi bersama dengan asosiasi atlet.

3 dari 3 halaman

Menunda

"Komite Olimpiade Kanada (COC) dan Komite Paralimpik Kanada (CPC), yang didukung oleh Komisi Atlit, Organisasi Olahraga Nasional, dan Pemerintah Kanada, telah membuat keputusan sulit untuk tidak mengirim tim Kanada ke Olimpiade dan Paralimpik di musim panas tahun 2020," demikian pernyataan resmi COC.

Melihat semakin luasnya penyebaran virus corona Covid-19, Kanada mendesak IOC untuk menunda Olimpiade dan Paralimpiade selama setahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.