Sukses

10 Kiper Termahal di Dunia, Jan Oblak Kalahkan Alisson Becker

Penjaga gawang Atletico Madrid, Jan Oblak, berada di urutan pertama sebagai kiper dengan nilai jual tertinggi di dunia.

Jakarta Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak menjadi sorotan musim ini. Beberapa waktu lalu, Oblak tampil ciamik saat Los Rojiblancos bersua Liverpool pada babak 16 besar Liga Champions 2019-2020.

Jan Oblak turut andil saat Atletico Madrid menyingkirkan skuat asuhan Jurgen Klopp dari kompetisi tertinggi antarklub Eropa tersebut. Tim besutan Diego Simione itu lolos ke perempat final setelah unggul agregat 4-2 atas the Reds.

Pada laga leg kedua di Anfield, Rabu (12/3/2020), Jan Oblak tercatat melakukan 9 penyelamatan dari 11 peluang yang dihasilkan para pemain Liverpool.

Seperti dilansir dari Sportskeeda, Oblak memiliki persentase penyelamatan 80,2 persen sejak 2014 dengan melakukan blok sebanyak 431 dari 537 tendangan yang mengarah ke gawangnya.

Jika dibandingkan dengan kiper yang bermain di Eropa lainnya, Jan Oblak bisa dikatakan yang terbaik.

Penjaga gawang asal Slovenia itu memiliki lebih banyak clean sheet (11) ketimbang Alisson Becker dan Marc-Andre Ter Stegen. Tak hanya itu, Oblak juga mempunyai catatan kebobolan lebih baik daripada Ter Stegen.

Performa apik yang ditampilkan Jan Oblak menjadikannya sebagai kiper bernilai jual termahal di dunia. Kini penjaga gawang berusia 27 tahun itu memiliki nilai jual sebesar 100 juta euro atau setara Rp1,7 triliun.

Angka tersebut mengungguli dua kiper terbaik di Eropa, Alisson Becker dan Marc-Andre Ter Stegen. Kedua penjaga gawang tersebut saat ini sama-sama bernilai jual 90 juta euro (Rp 1,6 triliun). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Kiper Termahal di Dunia

Di urutan keempat ada kiper Manchester City, Ederson Moraes yang berharga pasar 70 juta euro atau setara Rp1,2 triliun. Penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois, menempati posisi kelima dengan nilai jual 60 juta euro.

Manariknya, kiper dengan transfer termahal, Kepa Arrizabalaga, justru berada di peringkat kesembilan dengan harga pasar 40 juta euro (Rp718 miliar). Padahal, Chelsea merekrut Kepa dengan mahar 80 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun.

Banderol tersebut menjadikan Kepa sebagai kiper dengan nilai transfer tertinggi hingga saat ini.

Berikut daftar 10 kiper dengan nilai jual tertinggi di dunia:

1. Jan Oblak (Atletico Madrid) - 100 juta euro

2. Alisson Becker (Liverpool) - 90 juta euro

3. Marc-Andre Ter Stegen (Barcelona) - 90 juta euro

4. Ederson Moraes (Manchester City) - 70 juta euro

5. Thibaut Courtois (Real Madrid) - 60 juta euro

6. Gianluigi Donnarumma (AC Milan) - 55 juta euro

7. David de Gea (Manchester United) - 50 juta euro

8. Andre Onana (Ajax Amsterdam) - 45 juta euro

9. Kepa Arrizabalaga (Chelsea) - 40 juta euro

10. Wojciech Szczęsny (Juventus) - 40 juta euro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.