Sukses

Corona Covid-19 Mengancam, Masyarakat Jepang Rela Antre Berjam-jam demi Lihat Api Olimpiade 2020

Ancaman virus Corona Covid-19 tidak mengurangi antusias masyarakat Jepang untuk melihat api Olimpiade 2020 yang baru tiba dari Yunani.

Liputan6.com, Tokyo - Ancaman virus Corona Covid-19 tidak mengurangi antusias masyarakat Jepang untuk melihat api Olimpiade 2020 yang baru tiba dari Yunani.

Panitia sebenarnya sudah memperkecil skala acara mengantisipasi pandemi virus Corona. Namun, AFP melaporkan, puluhan ribu orang berbondong-bondong mendatangi api Olimpiade di barat laut Jepang sepanjang akhir pekan ini.

Mereka rela mengantre berjam-jam untuk melihat api Olimpiade. Banyak di antara mereka yang mengenakan masker saat mengambil gambar.

"Saya mengantre selama tiga jam, tapi menyaksikan api Olimpiade sangat membesarkan hati," kata seorang perempuan berusia 70 tahun dikutip NHK.

Sesuai tradisi, api Olimpiade pertama kali dinyalakan di Kuil Hera, Olympia, Yunani. Ajang kali ini berlangsung pada 12 Maret 2020. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Parade Api Obor

Api kemudian dibawa ke Athena dan berakhir di Stadion Panathenaic, lokasi penyelenggaraan Olimpiade modern pertama tahun 1896, dan diserahkan ke delegasi Jepang.

Miyagi, Iwate, dan Fukushima dipilih sebagai lokasi awal parade api obor sebagai bagian promosi Jepang untuk memamerkan kebangkitan kawasan tersebut setelah gempa, tsunami, dan krisis nuklir 2011. Rencananya parade api obor Olimpiade berakhir di Stadion National Tokyo pada 24 Juli.

3 dari 3 halaman

Olimpiade Tetap Digelar?

Pandemi virus Corona sudah merusak kalender olahraga global, dengan kompetisi top ditangguhkan dan turnamen besar ditunda, termasuk pembatalan sejumlah kualifikasi Olimpiade 2020. Hal tersebut meningkatkan keraguan akan berlangsungnya Olimpiade Tokyo yang rencananya berlangsung 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.