Marko Simic, Mesin Gol yang Setia Bersama Persija

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 21 Mar 2020, 10:55 WIB
Diperbarui 21 Mar 2020, 10:55 WIB
Marco Simic - The Croatian Sniper
Perbesar
Marco Simic - The Croatian Sniper (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta- Persija Jakarta membuat gebrakan besar pada 27 Desember 2017 ketika merekrut Marko Simic. Keputusan yang sampai saat ini terus disyukuri klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut.

Marko Simic bergabung dengan Persija Jakarta setelah gagal mencapai kesepakatan dengan Kelantan FA. Buat masyarakat Indonesia, nama Simic ketika itu masih asing terdengar.

Padahal, pemain asal Krosia itu sudah malang melintang di klub-klub Asia Tenggara. Sebelum ke Persija, Simic tercatat pernah membela Becamex Binh Duong, Dong Thap, Long An (Vietnam), Negeri Sembilan, Melaka United (Malaysia).

"Persija adalah tim besar. Saya mendengar dan melihat mereka melalui Youtube dan berita di media online," kata Simic ketika itu.

Turnamen pramusim Piala Presiden 2018 menjadi debut Marko Simic di Indonesia. Pemain berpostur 32 tahun itu langsung tampil moncer dengan sumbangan 11 gol.

Ketajaman Simic juga berdampak langsung pada penampilan Persija yang sukses meraih gelar Piala Presiden 2018. Simic kemudian diganjar penghargaan top scorer dan pemain terbaik.

"Saya sangat bangga dan juga senang. Ini momen terbaik dalam karier saya. Rasanya seperti menjuarai Piala Dunia," ucap Marko Simic setelah membawa Persija Jakarta juara Piala Presiden 2018.

2 dari 4 halaman

Predator Tajam

Persija Jakarta, JDT, Piala AFC 2018, Bola.com
Perbesar
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic dan Ramdani Lestaluhu merayakan gol ke gawang JDT pada laga Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/4/2018). Simic mencetak Hattrick ke gawang JDT. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Ketajaman Marko Simic tak hanya bertahan sampai turnamen pramusim. Marko Simic tumbuh dan berkembang menjadi penyerang yang tajam di lini depan Persija Jakarta.

Marko Simic langsung mampu mengantarkan Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018. Simic menyumbang 18 gol dari 30 penampilannya. Sebaran gol yang dicetak Simic berasal dari semua anggota tubuhnya yakni kepala, kaki kiri dan kanan.

Kecemerlangan Simic bahkan sampai terendus ke negara asalnya. Media asal Kroasia, Index Sport, sengaja membahas peran Simic setelah mampu menyudahi puasa gelar Persija.

"Penyerang Kroasia, Marko Simic, membawa gelar juara liga bagi Persija Jakarta setelah 17 tahun." tulis media Index Sport.

Musim selanjutnya, Persija mengalami perunan performa setelah ditinggal pelatih Stefano Cugurra Teco. Meski demikian, Simic tetap berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Bahkan, pada musim 2019 Simic menyabet gelar top scorer dengan sumbangan 28 gol. Sayangnya, Persija gagal mempertahankan gelar dan finis di peringkat ke-10.

Marko Simic adalah penyerang komplet yang mampu diandalkan untuk mencetak gol. Memiliki postur tubuh 187 cm membuat sang pemain selalu diandalkan dalam duel-duel udara.

Selain itu, Marko Simic juga bersyukur memiliki rekan setim yang selalu memanjakannya dengan memberikan umpan matang. Contohnya adalah Riko Simanjuntak yang kerap memberikan umpan silang yang akhirnya dieksekusi dengan sempurna oleh Simic.

3 dari 4 halaman

Komitmen

Liga 1 2019 : Persija Jakarta Vs Barito Putra
Perbesar
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic dan Heri Susanto, merayakan kemenangan atas Barito Putra pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mengacu kepada penampilan Marko Simic pada dua musim terakhir, manajemen Persija Jakarta kemudian memberikan kontrak jangka panjang. Tidak tanggung-tanggung, Simic disodorkan kontrak berdurasi 3 tahun pada 19 Desember 2019.

Sikap tak biasa yang dilakukan klub sepak bola Indonesia itu dipelopori oleh Persija. Klub ibu kota mungkin menyadari kualias yang dimiliki Simic sehingga khawatir kehilangan sang pemain di masa depan.

"Semua tahu Simic bermain sangat baik di kompetisi tahun ini. Dia juga memiliki komitmen yang kuat untuk tetap bertahan di Persija, dan berjuang bersama di tahun depan," kata CEO Persija, Ferry Paulus.

"Maka dari itu, kami putuskan memperpanjang kontrak Marko Simic untuk tiga tahun ke depan," tegas pria asal Manado itu.

Kontrak anyar yang diberikan Persija kemudian dijawab dengan gol-gol oleh Simic. Pada turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020, Simic menjadi pencetak gol terbanyak dengan sumbangan 6 gol.

Sementara itu, Simic juga tampil gemilang pada dua laga awal Persija Jakarta di Shopee Liga 1 2020. Dalam 180 menit bermain, Simic menyumbang sebiji gol.

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Benediktus Gerendo, Published 21/3/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓