Shopee Liga 1 2020 Libur, Duo Persebaya Makin Getol Nge-Gym

Oleh Liputan6.com pada 19 Mar 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 17:45 WIB
Singapura Vs Timnas Indonesia
Perbesar
Gelandang Persebaya, Irfan Jaya, saat membela Timnas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Surabaya - Shopee Liga 1 2020 resmi diberhentikan sementara akibat merebaknya virus corona covid-19 yang meresahkan masyarakat. Hal tersebut direspon oleh pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso dengan mengistirahatkan para pemainnya. Hal itu juga betujuan untuk mendukung program pemerintah mengenai pencegahan penularan virus COVID-19.

Meski mendapat libur, para punggawa Bajul Ijo tidak terbebas dari latihan. Mereka tetap diinstruksikan untuk berlatih secara individual.

Seperti yang dilakukan gelandang Persebaya, Muhammad Hidayat dengan rutin mendatangi pusat kebugaran untuk menjaga kondisinya. "Selama libur ini saya latihan sendiri, setiap sore nge-gym," kata Hidayat melalui Persebaya.id.

Pemain bernomor punggung 96 itu menjelaskan, dirinya kerap melakukan latihan sepeda statis dan angkat beban. Tujuannya, untuk menjaga kondisi otot lutut dan paha. Selain itu, ia juga mengimbangi latihan tersebut dengan olahraga cardio untuk menjaga kondisi fisik agar tidak menurun.

Selain Hidayat, latihan serupa juga dilakukan oleh Irfan Jaya. Pemain bernomor punggung 41 itu berlatih bersama Hidayat di pusat kebugaran yang ada di komplek apartemen tempat pemain Persebaya menginap.

"Kegiatan saya ya begini saja, tetap jaga kondisi meskipun libur, jangan sampai nanti kita latihan terus tertinggal kondisi kita," jelas Irfan.

 

2 dari 4 halaman

Minimalisir Keluar Rumah

Muhammad Hidayat, Persebaya Surabaya
Perbesar
Gelandang Persebaya Surabaya, Muhammad Hidayat. (Bola.com/Aditya Wany)

Keduanya juga turut mematuhi himbauan pelatih Aji Santoso untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah.

Saat waktu luang atau tidak ada kegiatan seperti saat ini, biasanya Hidayat lebih sering berkomunikasi dengan keluarga di kampung halamannya. Hal itu ia lakukan untuk meredam kekhawatiran keluarga di rumah mengenai wabah corona. "Saya prihatin, makin hari beritanya makin banyak yang terkena, ya mudah-mudahan cepat berakhir," ungkap Hidayat.

"Tiap hari saya komunikasi dan Alhamdulillah keluarga di sana semuanya sehat, saya juga diminta untuk terus jaga kesehatan, jangan sering keluar, pokoknya stay safe," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Jaga Makanan dan Kebersihan

Sementara itu, Irfan Jaya dan keluarga membatasi diri dengan tidak keluar dari apartemen jika tidak dalam keadaan mendesak. Pemain kelahiran tahun 1996 itu bahkan mengaku lebih sering menggunakan jasa ojek online untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Pastinya khawatir, ya antisipasi saja apalagi ada anak kecil, jadi kita jaga makanan dan kebersihan supaya tidak tertular," jelas Irfan.

Pasukan Green Force diliburkan sejak Selasa (17/3) kemarin. Persebaya akan kembali menjalani latihan pada hari Jumat (20/3). Jika sesuai jadwal, Persebaya akan bertandang ke kandang Persela Lamongan Minggu, 5 April mendatang.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Persebaya di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓