Sukses

Fiorentina Galang Dana untuk Rumah Sakit di Italia, Ribery Ikut Urunan

Tiga pemain Fiorentina dinyatakan positif terjangkit virus Corona penyebab Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Fiorentina menjadi salah satu klub Serie A yang terpapar virus Corona model terbaru. Menurut sang pemilik, Rocco Commisso, di klub Fiorentina saat ini setidaknya terdapat 8-10 kasus positif Covid-19, termasuk tiga orang pemainnya, yakni Dusan Vlahovic, Patrick Cutrone, dan German Pezzella 

Menyadari hal ini, Commisso tergerak untuk membantu. Terlebih, setelah melihat penderitaan yang dialami Italia yang kini menjadi negara terparah kedua setelah Tiongkok. Hingga saat ini, di Negeri Pizza setidaknya sudah ditemukan 35.713 kasus positif Covid-19 dengan 2.978 meniggal dunia. 

Saat ini, Italia tengah berstatus lockdown. Meski demikian, penyebaran masih terus meningkat dan angka kematian juga melonjak tajam dan rumah sakit mulai kewalahan menangani pasien. 

Seperti dilansir CNBC, Commisso tengah berada di Amerika Serikat saat pandemi global ini terjadi. Dia tidak bisa kemana-mana. Meski demikian, Commisso ingin membantu meringankan beban para petugas medis dengan menyerukan penggalangan dana untuk membantu rumah sakit di Italia. 

Langkah ini mendapat ternyata mendapat respons yang luar biasa. Menurut pemilik klub New York Cosmos itu, Fiorentina sejauh ini sudah mengumpulkan 470 ribu USD atau setara Rp7,5 Miliar. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Frank Ribery Ikut Andil

Pemain asal Jerman, Frank Ribery, juga ikut andil dalam gerakan ini. Meski bukan warga negara Italia, pemain Fiorentina itu tidak ragu menggelontorkan 55 ribu USD (Rp881 juta) untuk membantu rumah sakit di Italia. 

"Kami berdua merasa Florence sudah seperti rumah sendiri di mana kami mendapat sambutan hangat dari penduduk di sini," kata Commisso tentang aksinya dan bantuan yang diberikan Ribery.

"Situasi di Amerika Serikat tidak seburuk di Italia, tapi saya sudah menutup rumah saya selama lima hari terakhir bersama istri dan putri saya. Joe Barone (direktur Fiorentina) dan anak saya Giuseppe masih tertahan di hotel," kata pria berusia 70 tahun tersebut menambahkan. 

Saat ini, Serie A masih berhenti gara-gara virus Corona Covid-19. Di papan klasemen, Fiorentina berada di peringkat 13 dengan 30 poin atau terpaut lima poin dari zona degradasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.