Jadwal Timnas Indonesia Jika Virus Corona Covid-19 Sudah Berlalu

Oleh Aning Jati pada 19 Mar 2020, 10:35 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 10:35 WIB
Timnas Indonesia vs Vietnam
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, berebut bola dengan pemain Vietnam, Pham Duc Huy, dalam laga Grup G putaran kedua Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Jakarta Turnamen sepak bola paling akbar se Asia Tenggara (ASEAN), Piala AFF, masih berjalan sesuai jadwal awal alias tidak mengalami penundaan akibat pandemi virus Corona. Timnas Indonesia termasuk peserta di turnamen ini.

Pada tahun ini, AFF diagendakan menggelar Piala AFF 2020 pada 23 November-31 Desember 2020. Itu jadwal untuk putaran final. Sementara untuk fase kualifikasi, dimulai pada Oktober 2020.

Dengan kepastian tersebut, pemain yang disiapkan untuk membela timnas negara masing-masing di lingkup ASEAN, termasuk[ Timnas Indonesia](https://www.liputan6.com/tag/timnas-indonesia ""), sudah dinanti jadwal padat memasuki durasi Oktober hingga Desember 2020.

Andai pandemi virus Corona mereda, liga-liga reguler yang terhenti sementara, diprediksi kembali bergulir. Situasi itu menyebabkan adanya penumpukan pertandingan.

Pengelola liga wajib menyusun jadwal baru untuk memastikan liga reguler tidak molor terlalu lama. Apalagi jika masih ada kompetisi domestik lain di luar kompetisi reguler seperti halnya Piala Liga.

Khusus agenda timnas di ASEAN, kesibukan baru terjadi mulai Oktober hingga akhir tahun, atau setelah kompetisi domestik tuntas diputar.

Dalam beberapa kasus, bisa saja kompetisi domestik masih bergulir saat timnas menjalani pertandingan demi pertandingan.

Seperti diketahui, tidak hanya liga saja yang dihentikan sementara akibat virus Corona. Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Asia 2023, Liga Champions Asia, hingga Piala AFC mengalami penundaan.

Khusus untuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang sebelumnya jatuh pada Maret dan Juni, digeser pada Oktober dan November 2020.

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup G masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Begitu pula Vietnam, Thailand, Malaysia, serta Uni Emirat Arab.

Jika ditambah dengan pertandingan yang dijalani di Piala AFF 2020 dengan asumsi bermain hanya dari putaran final (tidak dari kualifikasi) hingga tampiil di partai final, maka Timnas Indonesia dan timnas negara ASEAN lainnya akan melakoni 9-11 pertandingan dalam durasi Oktober-Desember 2020.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Dini

Indonesia Vs Vietnam
Perbesar
Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, berebut bola dengan kiper Timnas Vietnam, Dang Van Lam, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10). Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam. (AFP/Aditya Wany)

Gambaran situasi ini tentu perlu mendapatkan perhatian ekstra sehingga tim pelatih dari sekarang sudah bisa melakukan antisipasi, terutama menyangkut kondisi fisik serta mental pemain.

Pasalnya, tak hanya dibutuhkan stamina prima, pemain bermental kuat agar tetap haus motivasi meraih kemenangan, sangat dibutuhkan untuk melewati tantangan berupa jadwal padat.

Timnas Vietnam asuhan pelatih Park Hang-seo sudah membaca situasi ini. Seperti dilansir dari Vietnam News, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan Park Hang-seo bekerja bersama secara detail untuk menjadikan pemain siap secara fisik dan mental melakoni jadwal super padat.

Untuk menyongsong jadwal padat tersebut, VFF dikabarkan akan menggelar laga persahabatan dengan mengundang tim asing pada Juni mendatang.

Rencananya, Park Hang-seo akan mengumpulkan pemainnya pada akhir Mei atau awal Juni, serta akhir September untuk menyiapkan diri jelang pertandingan yang sesungguhnya, mulai Oktober nanti.

Timnas Indonesia yang kini dibesut Shin Tae-yong, sebaiknya juga mulai menyiapkan antisipasi agar bisa melewati jadwal padat durasi Oktober-Desember mendatang.

Sumber: Vietnam News

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Aning Jati, published 19/3/2020)

Lanjutkan Membaca ↓