Virus Corona Covid-19 Tak Ganggu Rencana Garuda Select Gelar Uji Coba

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 19 Mar 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 08:45 WIB
Dua pemain Garuda Select, Muhammad Ilham dan Subhan Fajri.

Birmingham Garuda Select terpaksa membatalkan sejumlah laga uji coba di Inggris. Ini akibat mewabahnya virus Corona di negara tersebut. 

Pandemi virus Covid-19 memaksa Premier League dan kompetisi sepak bola profesional di Inggris, termasuk laga latih tanding Garuda Select, ditunda hingga 4 April 2020. Penyakit ini juga telah menyerang winger Chelsea, Callum Hudson-Odoi dan pelatih Arsenal, Mikel Arteta yang dinyatakan positif mengidap virus Corona.

Meski begitu, latihan rutin Garuda Select di Birmingham tidak banyak terganggu. Danny Holmes selaku asisten pelatih mengatakan bahwa para pemain tetap harus bergerak demi menjaga kebugaran.

Untuk mengisi kekosongan jadwal bertanding, tim pelatih berencana akan terus memberi materi terutama dari segi fisik. Caranya bisa dengan mengadakan sesi latihan di pusat kebugaran, atau dengan menggelar pertandingan internal.

"Kami akan melihat kebutuhan para pemain. Kemarin kami sempat melakukan pertandingan internal dan hasilnya cukup memuaskan," ujar Holmes dinukil dari Media Mola TV.

"Beberapa pemain memperlihatkan kinerja individu yang sangat baik. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada sesi latihan fisik dengan pelatih fisik Jake Fitzsimmons," ucap Holmes.

2 dari 3 halaman

Program Garuda Select Jilid II Tuntas Akhir April 2020

Pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons dan pemain Dika Kuswardani.
Pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons dan pemain Dika Kuswardani. (Media Mola TV).

Program Garuda Select angkatan kedua dijadwalkan berakhir pada penghujung April 2020. Dengan waktu yang tersisa, Holmes berharap para pemain tetap berkonsentrasi dan menyerap semua pembelajaran yang didapatkan selama mengikuti pemusatan latihan sejak Oktober 2019.

"Latihan fisik diperlukan untuk memastikan para pemain tetap menyesuaikan tubuh mereka yang sudah terbiasa bertanding setiap pekannya. Namun, sepertinya porsi latihan fisik akan lebih berat dari biasanya. Intinya, para pemain tetap mendapatkan pengawasan setiap harinya," imbuh Holmes.

"Konsentrasi adalah kunci utama jika ingin berkembang. Mereka harus terus meningkatkan kualitas diri. Mulai dari mendengarkan dan menyerap informasi yang diberikan, sambil terus mengaplikasikannya di atas lapangan," jelasnya.

Sebelum diputuskan untuk tidak beruji coba akibat virus Corona, Garuda Select terakhir bertanding ketika mengalahkan Bournemouth U-18 2-0 pada 11 Maret lalu. Dua gol kemenangan disumbangkan oleh Alfriyanto Nico dan Ferdiansyah.

 

Disadur dari: Bola.com (penulis, Muhammad Adiyaksa//editor Hendry Wibowo, published 19/3/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat