4 Pemain Manchester United yang Rasakan Efek Positif Penundaan Piala Eropa

Oleh Yus Mei Sawitri pada 19 Mar 2020, 09:10 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 09:10 WIB
MU Vs Newcastle

Jakarta - Keputusan penundaan Piala Eropa 2020 memiliki efek besar bagi peserta, pemain, hingga penonton. Mereka harus menata ulang semua rencana. 

Pandemi virus Corona (Covid-19) membuat berbagai event olahraga terpaksa dihentikan atau ditunda. UEFA bahkan harus mengambil keputusan besar dengan menunda Piala Eropa hingga 2021 alias mundur setahun. 

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyebut keputusan itu diambil demi kesehatan dan keselamatan orang banyak. Semula Piala Eropa berlangsung pada 12 Juni sampai 12 Juli 2020 di 12 kota. 

UEFA akhirnya memutuskan menunda Piala Eropa hingga 12 bulan ke depan, atau sampai musim panas 2021. Turnamen antarnegara di Eropa itu tetap memakai format yang sama dan rencananya pada 11 Juni sampai 11 Juli 2021.

Banyak pemain yang dirugikan karena penundaan itu, antara lain lantaran sedang berada di puncak performa bersama klub masing-masing. Setahun ke depan belum tentu kondisi mereka masih sama. 

Namun, ada juga pemain yang diuntungkan dengan penundaan tersebut, termasuk empat penggawa Manchester United

Berikut ini empat pemain Manchester United yang diuntungkan dengan penundaan Piala Eropa 2020, seperti dilansir Manchester Evening News:

 

2 dari 6 halaman

1. Marcus Rashford

Manchester City Vs Leicester City
Striker Manchester United, Marcus Rashford. (AP/Rui Vieira)

Marcus Rashford sedang menikmati performa apik bersama Manchester United sebelum mengalami cedera. Cedera tersebut membuatnya harus menepi cukup lama. Dia bahkan diragukan apakah bisa cepat pulih dan fit untuk berlaga bersama Timnas Inggris di Piala Eropa 2020. 

Dengan penundaan Piala Eropa 2020 selama setahun, Rashford punya waktu lebih dari cukup untuk benar-benar memulihkan cederanya dan mengembalikan kebugarannya. 

 

3 dari 6 halaman

2. Paul Pogba

Latihan Barcelona Vs Manchester United
Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (AP/Joan Monfort)

Mirip dengan Rashford, Paul Pogba juga direcoki cedera sepanjang musim ini. Dia bahkan belum kembali merumput bersama Manchester United ketika Premier League dihentikan sementara karena pandemi corona. 

Jika Piala Eropa 2020 tetap digelar pada Juni tahun ini, Pogba akan sangat kesulitan karena kurang kompetitif menjelang turnamen itu. 

Namun, dengan penundaan selama 12 bulan, pemain Timnas Prancis itu masih punya banyak waktu untuk kembali menemukan performa terbaiknya.  

 

4 dari 6 halaman

3. Mason Greenwood

Manchester United Gulung Newcastle di Old Trafford
Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)

Meskipun menikmati musim yang cukup menjanjikan, Greenwood diprediksi sulit menembus skuat Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020. 

Namun, dengan penundaan ini Greenwood punya peluang. Pemain muda Manchester United bisa berupa terus menjaga dan meningkatkan performanya di sisa musim Premier League dan musim depan supaya memperbesar peluangnya masuk ke skuat Timnas Inggris. 

 

5 dari 6 halaman

4. Aaron Wan-Bissaka

Gol Penalti Martial Antar MU Kalahkan Partizan Belgrade
Bek Manchester United, Aaron Wan-Bissaka berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Partizan Belgrade pada pertandingan lanjutan Grup L Liga Europa di stadion Partizan di Belgrade, Serbia (24/10/2019). MU menang tipis 0-1 atas Partizan Belgrade. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Persaingan untuk mendapatkan tempat di posisi bek kanan Timnas Inggris begitu ketat. Peluang Aaron Wan-Bissaka dinilai tidak terlalu menjanjikan. 

Namun, dengan penundaan Piala Eropa selama 12 bulan, Wan-Bissaka bisa punya waktu untuk unjuk gigi di hadapan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Syaratnya, dia harus bisa tampil lebih baik dan konsisten bersama Manchester United.  

 

Sumber: Manchester Evening News

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Manchester Evening News, published 18/3/2020)

6 dari 6 halaman

Video Piala Eropa 2020 Ditunda

Lanjutkan Membaca ↓
Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat