4 Bintang Muda yang Harus Pilih Ikut Piala Eropa atau Piala Dunia U-20 2021

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 19 Mar 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 07:00 WIB
Jadon Sancho

Jakarta - Piala Eropa resmi ditunda satu tahun. UEFA selaku induk sepak bola Eropa mengambil keputusan tersebut Selasa (17/3/2020) WIB.

Turnamen yang mempertemukan negara-negara terbaik di Benua Eropa tersebut rencananya akan digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Pandemi virus Corona menjadi satu di antara alasan mundurnya perhelatan Piala Eropa 2020.

Pasalnya, liga-liga domestik di Eropa juga harus dihentikan sementara waktu. Kemudian, saat virus Corona sudah mereda dan kompetisi kembali dilanjutkan, akan terjadi penumpukan jadwal pertandingan.

Kondisi tersebut membuat kompetisi bisa berakhir molor dan bisa berdekatan dengan agenda Piala Eropa yang rencananya digelar 12 Juni-12 Juli 2020 di 12 kota berbeda.

Di sisi lain, penundaan Piala Eropa hingga tahun depan berpotensi bersamaan dengan ajang Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Piala Dunia U-20 2021 rencananya akan berlangsung pada 24 Mei-12 Juni 2021.

Mepetnya jadwal kedua turnamen tersebut diyakini bisa membuat para pemain muda dari negara Eropa bingung, terutama yang sudah dipanggil ke timnas senior.

Mereka bisa jadi dalam dilema; apakah gabung timnas senior di Piala Eropa atau membela timnas di Piala Dunia U-20 2021 yang tak kalah bergengsi?

Siapa saja pemain muda yang diprediksi bakal dilema memilih dua event sepak bola tersebut?

Berikut ini Bola.com menyajikannya, empat pemain yang kemungkinan bingung memilih antara Piala Eropaatau Piala Dunia U-20 tahun depan, tentu dengan catatan negara-negara yang mereka bela lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2021.

2 dari 5 halaman

Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-Odoi
Callum Hudson-Odoi (Chelsea). (AFP/Glyn Kirk)

Saat ini, Callum Hudson-Odoi menjadi bagian utama skuad Chelsea untuk mengarungi musim 2019-2020. Tidak hanya itu, Callum Hudson-Odoi sudah dipanggil ke Timnas Inggris senior.

Usianya baru 18 tahun sehingga Hudson-Odoi mempunyai kesempatan tampil di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Tak hanya itu, Hudson-Odoi berpotensi ambil bagian di Piala Eropa 2021 bersama Timnas Inggris.

3 dari 5 halaman

Erling Haaland

Erling Braut Haaland
5. Erling Braut Haaland (Borussia Dortmund) - Haaland mempunyai catatan yang sangat mengesankan Liga Champions musim ini. Haaland berhasil mencetak rekor sebagai pemain muda berusia 19 tahun yang telah mencetak 10 gol dalam empat pertandingan. (AFP/Ina Fassbender)

Erling Haaland tampil mengesankan di level klub musim 2019-2020 bersama dua klub berbeda, yakni RB Salzburg dan Borussia Dortmund.

Berkostum RB Salzburg pada awal musim, Haaland mampu membukukan 29 gol dari 27 penampilan. Kemudian bersama Die Borussien, Haaland sudah mengukir 12 gol dari 11 laga sejak awal Janauri lalu.

Permainan apiknya musim ini, membuat Haaland berpotensi besar menjadi tumpuan Timnas Norwegia.

Di usianya yang baru 19 tahun menjadikan Haaland bisa tampil pada dua turnamen resmi antarnegara, Piala Dunia U-20 2021 dan Piala Eropa.

Namun, dengan catatan Norwegia lolos dalam dua event sepak bola tersebut.

Norwegia masih harus menjalani play-off untuk mendapat satu tiket ke Piala Eropa 2021, sedangkan kualifikasi Piala Dunia U-20 2021 belum dimulai.

4 dari 5 halaman

Jadon Sancho

Jadon Sancho
Jadon Sancho (Borussia Dortmund). (AFP/Adrian Dennis)

Jadon Sancho tampil impresif bersama Borussia Dortmund musim ini. Performa apiknya bersama klub asal Jerman tersebut menjadikan Sancho sebagai properti panas yang diincar klub-klub top Eropa.

Selain tampil oke bersama Dortmund, Sancho kerap menjadi andalan Timnas Inggris sejak masih di kelompok umur. Kini, bersama timnas senior, Sancho sudah mencatatkan 11 penampilan dan mengemas dua gol.

Performa apiknya tersebut bisa membuat Sancho dibutuhkan Inggris di dua turnamen berbeda, yakni Piala Dunia U-20 dan Piala Eropa tahun depan.

Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, membuat Sancho berpeluang besar menjadi pilar kunci Timnas Inggris di Piala Dunia U-20 2021.

Apalagi Sancho sudah menjadi bagian Timnas Inggris di level umur, 16, 17 dan 19. Patut dinanti, turnamen antarnegara mana yang akan diikuti Sancho tahun depan.

5 dari 5 halaman

Sandro Tonali

Sandro Tonali
Sandro Tonali masuk radar Juventus. (AFP/Timo Aalto)

Prestasi Brescia di pentas Serie A 2019-2020 bisa dikatakan tak terlalu bagus. Namun, kondisi tersebut tidak lantas membuat pesona Sandro Tonali ikut terpuruk.

Sandro Tonali mampu mencetak satu gol melalui tendangan bebas dan lima assist sepanjang musim ini. Torehan tersebut sangat bagus untuk pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan.

Meski baru berusia 19 tahun, Tonali pilar penting klubnya dan sudah masuk Timnas Italia senior. Tercatat, Tonali sudah memperkuat Gli Azzuri sebanyak tiga pertandingan.

Mana yang akan dia pilih, Piala Eropa 2021 atau Piala Dunia U-20 2021?

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Aning Jati, published 18/3/2020)

Lanjutkan Membaca ↓
Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat