Piala AFC 2020 Resmi Ditunda karena Virus Corona

Oleh Yus Mei Sawitri pada 19 Mar 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 06:00 WIB
Ceres Negros
Perbesar
Ceres-Negros berhasil memetik kemenanhgan 4-0 atas Bali United pada matchday ketiga Piala AFC 2020, Rabu (11/3/2020) di Stadion Rizal Memorial, Manila. (Ceres-Negros FC/Janb Dayrit)

Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Rabu (18/3/2020), memutuskan menunda seluruh pertandingan di turnamen Piala AFC 2020. Penundaan dilakukan karena wabah virus Corona belum juga mereda. 

"Mengikuti penerapan langkah-langkah pencegahan dan pembatasan perjalanan oleh beberapa pemerintah nasional akibat pandemi Covid-10. Kondeferasi Sepak Bola Asia hari ini telah memutuskan bahwa semua pertandingan Piala AFC 2020 ditunda hingga pemberitahuan selanjutnya," tulis pernyataan AFC, seperti dilansir Straits Times

Berbagai pertandingan di Asia bagian barat telah ditunda sebelum pengumuman itu. Dengan keputusan tersebut, pertandingan yang seharusnya digelar pada Maret dan April resmi ditunda. 

Piala AFC adalah kompetisi kasta kedua antarklub di Asia. Ada dua wakil Indonesia pada Piala AFC 2020, yaitu Bali United dan PSM Makassar. Kompetisi ini juga diikuti klub-klub dari negara lain seperti Singapura, Filipina, Yordania, Bangladesh hingga Lebanon. 

"AFC akan terus mengawasi perkembangan situasi sebelum mengambil keputusan kapan Piala AFC 2020 bergulir lagi," tulis pihak AFC. 

"Keputusan itu, yang juga disepakati oleh klub-klub peserta dan perwakilan pihak asosiasi, adalah tindakan pencegahan untuk memasikan keselamatan dan kesejahteraan semua pemain dan tim yang berpartisipasi, perangkat pertandinan, dan penonton, serta untuk melindungi integritas kompetisi," imbuh pihak AFC tentang alasan penundaan Piala AFC 2020

 

2 dari 3 halaman

Bergabagai Event Olahraga Kena Dampak

Pandemi corona membuat banyak event olahraga di Asia maupun berbagai penjuru dunia dihentikan atau ditunda. Liga-liga domestik di wilayah Asia telah ditunda atau dihentikan sementara, dimulai dengan Liga Super China. 

Setelah tu K-League di Korea Selatan dan J-League huga ditangguhkan. Kompetisi sepak bola liga di Indonesia juga tak luput dari dampak pandemi corona. Perhelatan Shopee Liga 1 dan Liga telah dihentikan untuk sementara. 

Bahkan, perhelatan Piala Eropa 2020 dan Copa America 2020 juga terpaksa ditunda. Kedua turnamen bergengsi itu ditunda selama setahun. 

Sumber: Straits Times

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Yus Mei Sawitri, Published 18/3/2020) 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓